Sunday, March 16, 2014

Meet Princess Aurora


Sejak kecil aku suka membaca. Apa saja yang bernama tulisan selalu kubaca. Mulai dari aneka bungkus makanan  atau barang, majalah Kawanku langganan pertamaku, majalah milik bapakku Panyebar Semangat, Panjimas dan koran wajib pegawai negeri kala itu: Suara Karya. Pulang sekolah aku makan siang sambil nungging di atas koran yang dibawa bapak, kulalap habis kecuali berita olah raga yang tak begitu kusukai. Di sekolah aku rajin mengubek-ubek buku, yang sangat sedikit jumlahnya, di perpustakaan SD. Bahkan yang berjudul: Beternak Bebek, juga kubaca...hihi.

Mau lihat yang ini. Gambar dari sini.



Sesekali aku meminjam majalah Bobo dari tetanggaku yang berlangganan. Sepertinya dari majalah inilah aku mengenal kisah tentang Putri Aurora. Aku sendiri tidak yakin persisnya.

Aurora cantik jelita memanjakan mata
Gambar dari sini.
Istilah aurora sangat menarik bagiku. Di kemudian hari saat aku lebih besar dan mengenal tentang cahaya utara ini, aku berusaha mencari tahu lebih jauh. Naah itulah awalnya aku jadi pengin pergi ke kutub, diantaranya untuk bertemu putri aurora...eeh...melihat aurora.

Sekalian saja mumpung ada GA mak Indah Nuria Savitri #MyDreamyTrip/Journey/Vacation, kubuatlah tulisan tentang kutub utara ini:

Hidup di tropis memang menyenangkan, selalu hangat dan musimnya simple, kemarau dan hujan. Yaah walaupun akhir-akhir ini cuaca ekstrim menyebabkan banjir atau kekeringan. Namun sesekali sepertinya menarik untuk menikmati tempat terdingin di dunia, kutub utara. Konon suhu terdingin mencapai -84 derajat celsius. Brrr.

Naah mari membayangkan musim panas di kutub yang disebut polar day atau midnight sun yang akan berlangsung selama 6 bulan karena matahari hanya terbit sekali dalam setahun.

Matahari saat Polarday
Yuup setelah itu akan tenggelam dan malam hari yang disebut polar night akan berlangsung selama 6 bulan. Hiii gelap tanpa sinar matahari selama 6 bulan. So, jika ke sana aku maunya pas musim panas. 

Eh walaupun disebut musim panas, namun matahari hanya 23,5 derajat di atas horison, so tentu bukan seperti musim panasnya tropis....jadi seperti apa?
Hmm seperti gambar di atas ini kira-kira...saat matahari bersinar 24 jam sehari.

Es dan salju juga memantulkan sinar matahari kembali ke luar angkasa lebih dari 85%...hmm bisa dibayangkan sekalipun polarday tetap brrrrr...

Penjelajah Kutub Utara
Gambar dari sini
 
Sebenarnya apa sih yang disebut kutub utara?
Yaah jadi penasaran nih. Ini kata mas Wikipedia:

Kutub Utara adalah titik paling utara Bumi, dapat didefinisikan dalam empat cara berbeda. Namun hanya dua cara pertama yang umum digunakan. Namun begitu definisi yang paling luas adalah Kutub Utara terletak di Samudra Arktik.
1.   Kutub Utara Geografis, juga dikenal dengan Utara Sejati, adalah titik utara di mana poros rotasi Bumi bertemu permukaan.
2.   Kutub Utara Magnetik adalah titik utara di mana medan geomagnetik vertikal, yaitu dipadalah 90°.
3.   Kutub Utara Geomagnetik adalah kutub utara dari momen dipole medan geomagnetik Bumi.
4.   Kutub tidak terakses Utara adalah titik terjauh dari pesisir manapun, dan terletak di  84°03′LU 174°51′BT. Kutub sejenis terletak diSamudra Pasifik dan India.
Gambar dari sini.

Info terbaru dari Natgeo, kutub utara sudah bergeser! Kok bisa?
Usut punya usut diduga kontributor terbesar pergeseran adalah melelehnya lapisan es di kawasan Greenland, yang kehilangan sekitar 250 gigaton es per tahun.  Sejak pertamakali diamati pada tahun 1899, posisi kutub utara telah bergeser ke arah selatan sebanyak 10cm per tahun mengikuti garis longitude barat 70 derajat, sebuah garis maya yang melintasi kawasan timur Kanada.

Pergeseran ini disebabkan perubahan distribusi massa pada bagian kerak Bumi yang mulai kembali setelah berubah pada abad es terakhir. Namun demikian, Chen dan timnya menemukan hal yang mengejutkan.

Pada tahun 2005, pergeseran ke arah selatan ini mendadak berganti arah. Kutub utara mulai bergerak ke arah timur dan terus bergerak ke arah tersebut sampai saat ini. Secara total, sejak tahun 2005, pergeseran itu telah mencapai jarak sekitar 1,2 meter....waah cepat juga ya...?!

Laah mana saja negara yang termasuk area kutub utara? Biar ntar kalau pesen tiket nggak nyasar kalee...

Daftar Negara-Negara yang Berada Dekat Dengan Kutub Utara (North Pole)
1. Negara Islandia (Iceland)
2. Negara Rusia (Russia)
3. Negara Kanada (Canada)
4. Negara Norwegia (Norway)
5. Negara Swedia (Sweden)
6. Negara Finlandia (Finland)
7. Negara Amerika Serikat (United States)
8. Negara Denmark di Pulau Greenland (Wilayah di luar negara Denmark)

Kutub utara berada dekat dengan benua eropa dan benua amerika bagian utara.

Duuh tadi kan mau ketemu sama princess Aurora, kapan dan di mana dong Pricess Aurora akan muncul?

Cantik nian putri Aurora
Gambar dari sini
Aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis yang dinamai dari Dewi Fajar Rom, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Ini karena di Eropa, aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah Matahari akan terbit dari arah tersebut. Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April.

Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa.Tapi kadang-kadang aurora muncul di puncak gunung di iklim tropis.

Fenomena unik ini seringkali terjadi pada langit malam yang gelap tiba-tiba menjadi terang benderang di belahan bumi utara terutama Alaska.

Aurora adalah cahaya yang tercipta di udara yang disebabkan oleh atom-atom dan molekul yang bertumbukan dengan partikel-partikel bermuatan, terutama elektron dan proton yang berasal dari matahari. Partikel-partikel tersebut terlempar dari matahari dengan kecepatan lebih dari 500 mil per detik dan terhisap medan magnet bumi di sekitar kutub Utara dan Selatan. Warna-warna yang dihasilkan disebabkan benturan partikel dan molekul atau atom yang berbeda.

Menari dalam cahaya utara
Gambar dari sini.
Serunya ternyata bukan hanya memanjakan mata dengan indahnya Aurora. Kita juga dapat melihat berbagai flora fauna khas kutub utara.
Diantaranya: 
Tanaman khas kutub saya ambil dari sini.



Beruang kutub yang cantik....semoga tidak buas ya.

Mencari kehangatan di tengah salju
Foto dari sini

Camar Putih yang anggun.



Paus biru yang kereen.

Gambar dari sini.

Sedihnya ada...aku gak bakalan ketemu sama pinguin...binatang penyanyi yang membuatku jatuh hati dalam film Happyfeet..heu heu..!

Yang ini penduduk kutub Selatan
Foto dari sini.
Tapi belum-belum kok... hatchiii....hatchii...hadeuh alergi dinginku kambuh! Besok bawa baju hangat rangkap 10 dan tak lupa obat anti alergi biar tetep bisa jalan-jalan tanpa bersin-bersin. Hah cepet masuk ke pangkalan nih.

Stasiun Amerika.
Gambar dari sini.

Princess Aurora...tunggu aku ya...!

#MyDreamyVacation ini disertakan dalam GA Indah Nuria Safitri.


Link foto dan sumber bacaan.:

http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/12/kutub-utara-sudah-tidak-di-tempatnya
http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/12/kutub-utara-sudah-tidak-di-tempatnya
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Polarlicht_2.jpg
http://sr28jambinews.com/?/baca/11252/Aurora-:-Cahaya-Indah-di-Kutub-Bumi.html

9 comments:

  1. Saya juga suka aurora.. dulu sempat ikut olimpiade astronomi.. :)

    Semoga memang GAnya Bunda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih senyum syukur...minta doanya kesampaian sujud di kutub

      Delete
  2. lengkap bangeeet mba :D...princess Aurora ini memang sudah banyak memikat hati...saya pun mencatatnya mba...diselipi doa supaya beneran bisa melihatnya, paling tidak main ke kutub utara :D...makasih sudah ikutan GAku ya mbaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, kalau udah di NY kalu bisa dapat rejeki ke utara ya mak

      Delete
  3. waaah, sejuknyaaaaaaa,,,,semoga bisa segera ke sana ya mak :)

    ReplyDelete