Thursday, June 19, 2014

Mengapa ada 5000 kunjungan di blogku dalam sehari?


Bagi blogger pemula seperti saya yang nggak faham SEO dan kurang memikirkan trik-trik meningkatkan jumlah kunjungan, tentu mengejutkan.
Ya ini yang ke dua kali kunjungan di blogku melonjak.
Dulu pernah sehari mencapai 7000 kunjungan. Dan sekarang berulang.
Selidik punya selidik, ternyata artikel yang sama yang ku-share lagi ke beberapa komunitas.

Statistik hingga pukul 09.00

Artikel yang mana itu?
Yang ini nih. Klik.
Mungkin faktor judulnya yang rada panas: selingkuh.
Mungkin juga kontennya yang dipandang bermanfaat sehingga berjibun orang yang ijin share. Versi kulwitnya di fb di share lebih dari 100 orang.

Adapun beberapa artikel yang menempati kunjungan lumayan adalah:
1.        


2.         
3.       

Adapun sebaran pemirsa selama sebulan ini.




Pelajaran yang kudapat adalah:
1. Selalu menulis tema yang sesuai kebutuhan masyarakat
2. Memilih judul yang tepat yang menggelitik dan unik
3. Rajin share bahkan bisa diulang setelah periode tertentu.
4. Membuat back link antar postingan.
5. Apa lagi ya...?

Ah saya memang masih sangat awam dalam tehnik perblogingan. Hanya mengalir saja mengikuti kata hati dalam menulis dan menyalurkan hobi serta mimpi-mimpi.

Silahkan yang mau berbagi tips melalui komentar untuk sesama blogger.


65 comments:

  1. Wahhh ... dalam sehari bisa dapat kunjungan ribuan orang? ... hebattt ... ngiri.com
    gimana kiatnya nih ... kurang faham uran diatas ... saya ingin langsung nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehm saya juga nggak punya banyak teori bang.
      Yang jelas temanya sebaiknya mengena dan dibutuhkan oleh orang-orang yang mengenal kita. Lalu juga mengikuti berbagai komunitas blogger untuk bisa saling berbagi dan belajar.

      Delete
  2. Kereeeeen, terus menulis terus menginspirasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih supportnya makpuh. kutunggu kopdaran denganmu.

      Delete
  3. wiiiiii...kereen...Saya termasuk yg suka diam diamintip tulisan Bu Ida

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi kenapa diam-diam...komen gini kan ketahuan...makasih ya

      Delete
  4. Keren Mak ..... memang judulnya mengudang pengunjung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak...itu cuma kebetulan taqdir saja

      Delete
  5. Menulis dengan judul yang artinya abu-abu memang mengundang pengunjung, tidak hitam dan tidak putih. #eh apa sih ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. apapaun makasih sudah komen Mas Kid...yang hitam atau putih moga tercerahkan dengan yang dikira abu-abu

      Delete
  6. Awamnya saja sudah bisa bikin blognya terkenal mabk. apalagi kalo udah master yah... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya nih memang harus terus belajar

      Delete
  7. The power of social media. :)
    Kalo menarik dan sudah viral, sulit dihentikan. Tapi kadang kalo pake medsos itu cuma temporer.
    Btw, salam kenal, bu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga. itulah sisi lain media

      Delete
  8. Share di komunitas memang meningkatkan trepik ya, Bu. :)
    Tulisane apik tur manfa'at.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak Idah pakarnya SEO....hihi aku juga belajar darimu mak

      Delete
  9. Wah, selamat bunda :D
    postingannya pasti bermanfaat banget makanya banyak yang baca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Ika...kunjungan makin membuat semangat menulis

      Delete
  10. Uwah..jempol bgt makk...keren ;)

    ReplyDelete
  11. wainiiii...iniii si ibu kereeen ;) Moga2 aku juga bisa mengikuti semangat menulismu itu, Mak Ida.

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. makasih erlina, semoga blog mu juga demikian

      Delete
  13. Karena judulnya membuat penasaran ya mbak

    ReplyDelete
  14. Judulnya "mengundang", ya. Kreatif, Mak. :)

    ReplyDelete
  15. wah keren mbak bisa 5000 kunjungan sehari
    punyaku aja 1000 sebulan, hehe

    ReplyDelete
  16. saya juga penasaran sama judul itu, btw, salut bener dengan mbak
    keren banget milih judul yang menggoda untuk diklik

    ReplyDelete
  17. kereeen deh sama emak yang satu ini, diem2 aku gefans :D setiap hari ada aja idenya buat nulis walau kadang malas coment :p

    ReplyDelete
  18. Kerenn makk, tulisannya menginspirasi dan bikin penasaran ^^

    ReplyDelete
  19. Bgmn cara mengetahui jumlah pengunjung perhari mbak? trus juga bgmn cara mengetahui sebaran asal pengunjung. maaf nih mbak, sy masih belajar ttg blog, hhe

    ReplyDelete
  20. Hebat. Konten emang nomor satu Mak.

    ReplyDelete
  21. waaa,,,mak ida emang top deh,,,harus belajar banyak ama mak ida sepertinya :)

    ReplyDelete
  22. wah hebat yah blog nya bisa rame gini

    ReplyDelete
  23. Waaaooo..amazing dalam sehari bisa dapet kunjungan sampe ribuan,, T O P dah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak Siethi...diluar dugaan memang

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. kerennya mba ida, salam kenal ya mba ida, saya dedew penulis serabutan dari ungaran semarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak dewi salam kenal, saya juga penulis serabutan haha.

      Delete
  26. Woww...luar biasa. Aku pernah dapat pengunjung sampe 5000 sehari. artikel-artikel lam pun viewer-nya di bawah 5000, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah kereen dong, saya pengin belajar dan menantang diri untuk kunjunagn yang lebih besar lagi

      Delete
  27. Eee...ketinggalan satu kata mbak Ida. Belum pernah maksudnya, xixixi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ee terlanjur jawab komen haha makasih kunjungannya

      Delete
  28. tema yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, bener juga sih Mak, kalau di blog saya paling banter cuma 1000an hehe, waktu itu saya share resep roti kukus tanpa telur, mungkin waktu itu banyak yang pengen buat roti tapi nggak punya oven hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tantangan buat kita ya mak untuk mencari tahu

      Delete
  29. Mak Ida hebat! Masih jauh banget niy, kalo saya mau ngejar, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak setiap hari mak. kalau harian 500-1000

      Delete
  30. Mak Ida keren... :b
    Dulu pernah dapet kunjungan sampe ribuan pas dilink ke salah satu forum berita. Tapi ya sekarang jarang bgt di ACC, hehe

    Betul bgt, Mak. Pemilihan judul mempengaruhi visitor.

    ReplyDelete
  31. Ilmu saya masih dikit Mak, mau gabung di komunitas aja kadang suka bingung. Pasang banner jg bingung..hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh di komunitas nanti pada bantuin kok. banyak blogger belajar otodidak. atau banyak juga tutorial yang simpel. yuuk mak gabung Emak Blogger

      Delete
  32. plus sekarang aku bukanya dari pkspiyungan.org bisa nyampe 1juta kunjungan bu...

    ReplyDelete