Tuesday, August 19, 2014

Mendongkrak Kunjungan di Blog




Punya blog penginnya ya... banyak yang menyambangi dong.  Ada masanya pada awal buka lapak saya tidak terlalu peduli tentang jumlah pengunjung. Saya hanya menulis dan menulis karena itu bagian dari passion pribadi.

Eh ketemulah saya dengan komunitas Emak Blogger yang merubah persepsi saya tentang dunia blogging. Merubah mungkin hingga 180 derajat. Kemudian menyusul komunitas lain seperti warung blogger, IIDN  dan blogwalking.

Pengaruhnya  yang positif loh..
Dengan bergabung di komunitas, saya jadi mengerti bahwa ngeblog bukan sekedar menuangkan pengalaman, tetapi bisa memiliki banyak makna. Setidaknya ada 4 tambahan makna.


Pertama, saya memiliki teman-teman yang saling menyemangati. Melihat postingan di komunitas, membuat kita juga terjaga produktivitas dalam menulis. Bukan hanya berteman di dumay, teman-teman ini saling menolong dan membantu dimanapun kaki mendarat di kota para blogger. Kopdaran, bertukar pengalaman, mendapat tempat menginap dan makan gratis ...#halah.

Kedua, mengenal tempat belajar yang luas, ibarat ilmu yang terus berkembang dan tak henti dituliskan. Dari lembar-lembar laman sesama blogger saya mengambil banyak pelajaran kehidupan, inspirasi dan motivasi.

Ketiga, ngeblog ternyata membawa dampak keuntungan finansial. Mengikuti lomba blog, menang dapat hadiah hurrayy! Kemudian juga berkenalan dengan dunia iklan, review dari berbagai produk dan perusahaan...apalagi jika rating blog telah naik, tentu tawaran datang dengan sendirinya.

Keempat, bertambah luasnya jaringan relasi dari berbagai kalangan dan semakin membuka fikiran  dan wawasan untuk dunia yang lebih luas. Misal juga mendapat kesempatan menulis buku bersama, menerbitkan buku solo, atau diundang mengisi forum oleh teman blogger. Blog menjadi salah sarana personal branding, bahkan walaupun tidak dimaksudkan demikian. Saya menjadi sering diundang untuk bicara tema pendidikan seksual gegara menulis tema ini.

Ah mungkin anda para blogger yang lebih berpengalaman mendapat banyak manfaat lain, silahkan dibagikan di komentar.

Adapun tentang kunjungan blog...?
Senang dong jika halaman kita ramai pengunjung dan menuai banyak komentar. Komentar itu akan memperkaya wawasan kita.
Untuk mengundang pengunjung ini ada beberapa kiat yang saya temukan secara tak sengaja. Sebagian telah saya tulis di sini.

Tidak mengecewakan


Jadi apa dong kiatnya?
1.     Ikutilah komunitas blogger, penulis dan rajinlah untuk mempublikasikan tulisan ke komunitas, melalui media sosial seperti FB, Twitter, line, Google+, ....
2.     Menulis topik yang up to date dan sedang menjadi trend dengan sudut pandang yang unik
3.     Menulis konten menarik yang tak lekang oleh waktu sehingga selalu dibutuhkan oleh khalayak. Bagus jika anda konsisten dengan tema tertentu sebagai warna blog anda.
4.     Menggunakan beberapa kata kunci yang tepat.
5.     Membuat tampilan blog kita ramah pengunjung, nyaman, simple dan mudah. Loadingnya jangan kelamaan, fontnya yang enak di pandang, jangan terlalu ramai, pengaturannya yang informatif dan memudahkan pengunjung blog walking.
6.     Rajinlah blog walking ke blog orang lain dan selalu wajib tinggalkan jejak manis agar yang bersangkutan kulbal. Walaupun saya pribadi tidak pernah menuliskan: "ditunggu kunjungan baliknya". Tidak pernah. Namun jika ada yang menulis demikian saya akan berusaha berkunjung balik. Sebenarnya tanpa dituliskan demikian saya juga berusaha berkunjung semampu saya.  
7.     Teruslah menulis, dan membawa cerita baru di blog kita. Ibarat warung makan jangan mengecewakan pembeli karena menu yang itu-itu saja atau masakan yang kurang lezat.
8.     Tingkatkan kualitas tulisan dari waktu ke waktu dengan terus belajar dan berkarya. Anda dapat mengikuti lomba atau blogging kontes untuk mengukur kemampuan anda. Menjadi pemenang lomba juga cara memasarkan blog anda.
9.     Anda dapat mengulang share postingan lama terutama postingan yang banyak diminati.
10.  Berinteraksilah dengan pengunjung dengan menjawab setiap komentar dengan bijak dan menyenangkan. Sekalipun terkadang ada komentar yang kurang sedap.

Saya hanya pemula yang yang senang belajar dan berbagi, jadi tips ini entah sesuai dengan teori atau tidak hehehe...semoga manfaat deh.

O ya ada masa dimana kita terhalang secara teknis untuk konsisten ngeblog. Misal ketika pergi ke suatu tempat yang tidak memiliki koneksi internet, mengikuti pelatihan jangka yang lama, sakit atau kesibukan lain. Kita bisa mensiasati dengan tetap menshare tulisan lama, atau membuat postingan terjadwal.

Makin malam makin ramai

Kemarin saya jalan sepekan ke Kalsel dan Bali. Tentu tidak sempat ngeblog. Tapi menengok  statistik blog, hmm tidak mengecewakan juga.

Semoga bermanfaat sharing ini, keep blogging!

89 comments:

  1. Sepuluh kiat yang penting banget itu, Mbak, sungguh saya setuju semoga bisa melakukan. Apakah blog saya (Jendela Keluarga) sudah memenuhi kiat yang yang nomor tiga itu ya, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak kontenya bagus-bagus kok...juga sangat diperlukan. Ada 3 juta kelahiran tiap tahun jadi tiap hari banyak orang cari nama...

      Delete
  2. Wah bagus banget tips-nya mak, jadi nambah pengalaman setelah baca tulisan mak Ida. Terima kasih informasinya yang sangat bermanfaat, sukses selalu bwt mak Ida

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya mak sudah mampir...sama-sama deh kembali kasih dan moga sukses buat mak Sri wahyuni

      Delete
  3. Iya tulisan2 mbak emang prakris artinya lebih ke persoalan kehidupan sehari2, yang saya pikir byk orang mengalami. Dan dengan bahasa yang mudah dimengerti jadi ngga heran byk yang suka ^^

    Keep writing, mbak e ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak aliya...makasih sudah mampir...masing-masing punya style ya mbak...

      Delete
  4. Aku ngiler melihat statistik blognya Mbak. Untuk blog gula aren ini buat dapat 300 hits saja sudah ngos-ngosan hehehe..Semoga saya tambah rajin lagi menulis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Evi moga makin eksis dan bermanfaat amiin

      Delete
  5. Iyaaa... aku nih belum maksimalin kata kuncim hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Nurul, aku juga nggak perneh mikir kata kunci hihi. makasih ya udah mampir,

      Delete
  6. Intinya : konten yang berkualitas, promosi blog secara online dan offline ya Jeng
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih pakdhe sudah kasih support. Bukunya pakdhe blog Mini penghasilan Maxi itu luar biasa...

      Delete
  7. Tips yang bagus mak buat blogger pemula seperti saya. Makasih tipsnya..

    ReplyDelete
  8. Banyak sekali manfaat ngeblog yah, Bun. serunya kalau blogger yang hanya interaksi di dumay, terus dipertemukan dalam sebuah kopdar, seru habis, hehe. Wih, tipsnya lengkap, saya coba terapkan satu-satu yang belum dilakukan yah, Bun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo mas Rcho A. Nugroho. saling berbagi dan mensupport sesama blogger

      Delete
  9. jejak manisku ku persembahkan spesial buat mak Ida Nurlaila *caelah hihihi ^^

    ReplyDelete
  10. Antara konten berkualitas sama kualitas jejaring sosial sangat spektakuler ya mak :),,, waaaaah seruuu nih apalgi setelah kopdar suka lahir ide buat posting

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak Tian bener banget...komunitas bikin semangat...

      Delete
  11. keren tipsnya, artikel mak ida emang tak lekang waktu makanya meskipun berhalangan update tetep rame ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak alhamdulillah berkat dukungan teman-teman juga. saya banyak belajar di emak blogger

      Delete
  12. Replies
    1. ya mbak...sambil jumpalitan mempertahankannya

      Delete
  13. Keren postingannya. Makasih ya Mak buat good advice nya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Hilda...namamu mengingatkanku pada sahabatku....

      Delete
  14. Mantap sekali postingannya ini Mak.. Menjadi pembelajaran bagiku agar bisa eksus spt Mak Ida Nurlaila.. Sukses ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuuk mak Rita...semangaat. makasih sudah berkunjung

      Delete
  15. wah salut banget, visitornya banyak dan tetap mau berbagi sama banyak orang :) ini kunjungan pertama saya kesini, tapi saya suka sama gaya blog ini :) Salam kenal dan salam blogging!

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang sekali dikunjungi pakar blog, salam kenal Rahmania Farid...minta masukan juga nih tentang tampilan blog ini.

      Delete
  16. makasih ilmu'y yah mak ida,bermanfaat bgt,smg sy bisa trus belajar nge-blog'y .malu... blog sy blm ada apa2'y :D *ngumpet tu2p pke selimut*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aku pinjamin selimut mak...kita sama-sama saling belajar hehe

      Delete
  17. wah keren mbak postingannya nice..jadi nambah ngeh saya blogger baru salam kenal mbak ^-^ sidah saya bookmark abis sholat baca ke sini lagi dah mau diresapi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuuk makasih kunjungannya. ini juga blogger baru kok.

      Delete
    2. hehe iya mbak ^-^ tipsnya bermanfaat buat saya mksih y mbak ^-^ cipz

      Delete
  18. Intinya kita harus bisa menjadi tuan rumah yang baik, ya, Mbak? Terima kasih telah berbagi kiat-kiat di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Luthfi...makasih sudah nyempetin mampir.

      Delete
  19. Bermanfaat banget buat newbie seperti saya Mak Ida.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Rizka...terus menebar benih nanti akan menuai hasil

      Delete
  20. Replies
    1. Aih mak enci...tiap hari juga menulis....

      Delete
  21. Makasih tipsya mbak, saya juga masih belajar :)

    ReplyDelete
  22. Replies
    1. makasih mak berasa tersanjung ada mak suria...

      Delete
  23. Betul banget maak, saya juga menerapkan hal yang sama. Tapi sekarang blog saya lagi bermasalah, entah kenapa semua postingan terhapus dan ngga bisa posting juga. Sedih banget rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh kenapa ya mak...saya awam dalam mengatasi hal demikian. minta tolong ahlinya saja mak. dulu blog suami saya juga, naskah masih bisa dikejar alhamdulillah ada 400-an naskah bisa diselamatkan.

      Delete
    2. duh..kayaknya mesti belajar lagi dech tentang blog..makasih ya mak...

      Delete
    3. makasih juga sudah mampir...yuuk semangat.

      Delete
  24. infonya bagus, mencolek ssaya buat inget kiat"itu lg maak hehe ^_^

    XOXO
    leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
  25. Replies
    1. salam kenal juga pak atau mas...makasih sudah mampir

      Delete
  26. sangat menarik ulasan nya mbak, mudah2an blog saya bisa seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin saya doakan semoga blognya ramai dan bermanfaat

      Delete
  27. mantap ini... seandainya satu persatu semangat kerelawanan muncul untuk mensukseskan program pemerintah dan mengatasi masalah kemiskinan, tidak susah membangun komunitas....mampir juga di blog kami, siapa tahu ada topik menarik yang bisa dikembangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke nanti saya mampir lagi. sepakat dengan ide membangun komunitas.

      Delete
  28. wah.. iya nieh.. cakep tipsnya...
    saya juga demen baget kalau pas buka blog lalu lihat traffic PV meningkat... :D

    ReplyDelete
  29. Saya baru punya blog lagi sejak bulan Desember 2013, dan kala pertama pasang Alexa sudah 12 jutaan langsung ada, sekarang 1 juta 200ribuan. Pengen kayak Mak Ida dapat banyak tawaran review produk. Sudah coba terapin semua saran di atas. Dan soal konsistensi, terkendala sinyal di rumah sekarang yang berada di lembah, plus rebutan netbook dengan anak balita semata wayang yang menjadikan komputer teman mainnya, untuk nonton dan main game. Semoga saya kelak bisa mengikuti jejak Mak Ida, beroleh penghasilan dari review produk. Sekarang belum ada. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mak...waah modalnya udah keren. banyak nabung naskah saja entar posting jika ada kesempatan....moga sukses mak...

      Delete
  30. Salam kenal Mak Ida ...
    Tips-nya keren. Kendala utama saya sih belum bisa konsisten nulis di blog. Manajemen waktu masih kacau :)

    ReplyDelete
  31. makasih tipsnya ya bu, bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  32. Setuju banget dengan tips2 di atas, inshaa Allah merasakan manfaatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kunjungan dan jejaknya. semoga sukses selalu

      Delete
  33. Terimakasih tipsnya bisa menjadikan push, walaupun saya belum bisa konsisten menulis,sering malu jika membaca tulisan sendiri mak alias masih kurang pede.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, perasaan itu kadang juga datang...tapi gpp keep writing ajah....

      Delete
  34. tipsnya bagus, trafiknya keren ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuuk mak Myra juga pastinya kereen. saya banyak belajar pada para senior di KEB

      Delete
  35. Aiiih... traffic-nya cihuy banget. *ngiri nganan* :) salam kenal, Mbak Ida. :)

    ReplyDelete
  36. Replies
    1. sama-sama mak Esti,makasih sudah mampir

      Delete
  37. Traffic makin bertambah, bonus dari apa yang sudah ditulis ya, Bu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. idAh pastinya sudah mencicipi hihi...lalu makin semangat menulis...

      Delete
  38. makasih tip & trik nya mak....sangat informatif dan membantu lho ..sip! :)

    ReplyDelete