Monday, February 24, 2014

Andai Saya Menjadi Srikandi Blogger


Bagaimana harimu kawan? Semoga menyenangkan, seperti hari-hari yang tengah kujalani hingga tanggal 9 Maret 2014 nanti. Lho ada apa di tanggal tersebut?

Itu adalah salah satu momen penting dalam hidupku. Acara penganugerahan gelar Srikandi Blogger 2014. Memang saya belum terpilih, tapi setidaknya jalan menuju ke sana terbentang dan saya sekedar mengalir saja mengikuti irama taqdir.


Taqdir? Begitulah. Pada awalnya tak pernah terpikir untuk menjadi Srikandi Blogger, sedangkan istilah itu saja baru saya kenal saat bergabung dengan Kumpulan Emak Blogger pada bulan Agustus 2013. Entah siapa dulu yang baik hati telah mengenalkan istilah KEB. Terdorong oleh rasa penasaran, saya searching dan mendapati komunitas yang luar biasa. Dengan sedikit malu-malu saya bergabung.

Malu-malu? Iya, saya merasa keterbatasan saya dalam dunia blog-mengeblog ini. Jujur saya mengaku sebagai emak gaptek di usia saya yang 47 tahun ini. Saya belajar keras dari suami dan anak-anak untuk memposting tulisan, membuat tata letak, dan berbagai renik-renik blog. Yaah alhamdulillah sejauh ini menunjang hobi menulis.


Sebenarnya tidak tepat lagi untuk disebut hobi, karena menulis telah menjadi bagian hidupku. Bahkan seperti makanan pokok. Tiada hari tanpa menulis. Dan tak ada bahan yang tak bisa ditulis. Bahkan saat jemari saya terkendala untuk menari di atas keyboard atau ipad, maka saya tetap menulis di atas kertas apapun yang saya temui. Kadang juga sekedar menulis dalam hati dan fikiran menunggu kesempatan untuk mengabadikannya di blog.

Sejak kenal KEB, semangat dan kemajuan saya dalam ngeblog naik drastis. Itu pernah saya tulis di sini. Itu karena saya menemukan semangat kehangatan dan saling berbagi di KEB. Aduh makasih banyak Makpon, Makmin yang setia mengawal komunitas ini. Moga jadi amal jariyah. amin.
Kembali pada ajang SB 2014. Saat di umumkan adanya ajang ini, saya pikir apa salahnya saya mencoba peruntungan. Berharap dengan mengikuti ajang ini, makin gencar lagi lompatan pembelajaran yang saya alami. Saya akan berinteraksi dengan para Emak hebat dari seluruh penjuru Indonesia bahkan dari negara lain. Jadilah, niat awal belajar itu membawaku menjemput taqdir kemenangan. Eh sudah menangkah?

Sudah. Menjadi 10 Finalis adalah anugerah kemenangan yang tak terduga. Itu seperti konsekwensi dari kesungguhan ngeblog saja. Jadi bukan ajang ini yang telah memenangkan saya, tetapi sejak bergabung dengan KEB, saya tak sengaja telah merintis jalan kemenangan itu. Ibarat rontgen, tak bisa masa ajang yang singkat ini membuat rekayasa untuk nampak bagus atau waah.

Andai saya terpilih menjadi Srikandi Blogger apa yang akan saya lakukan?
Hmm sebenarnya GR sedikit, saat ini saya sudah merasa menjadi Srikandi blogger. Saya sudah merasa menjadi duta KEB, jadi terpilih atau tidak, inilah saya Srikandi Blogger. Inilah 7 mimpi saya tentang Srikandi Blogger dan andai saya jadi Srikandi blogger.


Tagline: Selamatkan keluarga Indonesia untuk generasi bangsa yang berkualitas.

Siapakah Srikandi Blogger ?
Andai Saya Srikandi Blogger
1.     Srikandi Blogger adalah citra perempuan cerdas, tangkas, peduli dan mumpuni.
Saya terus belajar untuk bisa memberikan yang terbaik fokus pada peningkatan kualitas keluarga Indonesia dan generasi masa depan yang lebih baik. Saya percaya kejayaan  suatu bangsa bermula dari keluarga maka peduli pada permasalahan yang membelit keluarga-keluarga di Indonesia dan melakukan upaya solutif yang nyata.
2.     Srikandi Blogger aktif berkarya melalui blog dan mengoptimalkan dunia maya untuk menebar hikmah.
Saya tetap menulis, mensarikan setiap hikmah dari ruang konseling, perjalanan, seminar dan kehidupan sehari-hari. Blog menjadi inspirasi solutif untuk membangun keluarga berkualitas dan mengelola problem keluarga dan pendidikan anak.
3.     Srikandi Blogger membangun networking untuk mewujudkan media yang beretika, bertanggung jawab serta ramah anak dan perempuan.
Saya siap menjalin kerjasama dengan para blogger dalam berbagai latar disiplin ilmu maupun perhatian, serta stake holder terkait dan membangun jaringan yang diperlukan untuk mewujudkan media yang beretika, bertanggungjawab, berpihak pada kualitas keluarga.
4.     Srikandi Blogger adalah duta KEB, sebagai komunitas yang telah menobatkannya.
Saya akan membawa nama KEB ke mana pun kaki melangkah. Di forum resmi, training, seminar atau di mana pun saya berkesempatan memperkenalkan diri. Perempuan Indonesia harus mengenal  KEB untuk pemanfaatan dunia maya yang bersinergi dengan pembentukan karakter & kepedulian. Masyarakat harus mengenal KEB  untuk kemanfaatan dan jaringan kerjasama yang lebih luas.
5.     Srikandi Blogger selayaknya berperan aktif mengembangkan dan memajukan KEB
Saya siap membantu memajukan KEB bersama jajaran Makpon, Makmin, para finalis SB,  memberikan yang terbaik bagi para anggota KEB dengan aktif dalam berbagai program dan kegiatan KEB. Berusaha peduli pada sesama anggota dan siap berbagi pengalaman sesuai kemampuan yang saya miliki.

6.     Srikandi Blogger memiliki karya di dunia nyata yang bersinergi dengan kiprahnya di dunia maya
Saya akan melanjutkan apa yang telah saya rintis dan lakukan sebagai ibu rumah tangga, trainer, apoteker dan konselor. Profesi yang menjadikan saya tersambung dan memiliki arti dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Pengalaman dalam profesi tersebut menjadi bahan untuk mensarikan hikmah melalui blog. Artikel di blog adalah cara untuk meluaskan upaya membina kekokohan keluarga.
7.     Srikandi blogger adalah pribadi pembelajar yang terbuka, selalu berfikir positif, ramah, peduli dan ikhlas.
Menyadari kekurangan dan kelemahan diri, saya terus belajar dan berjuang untuk seiring dalam kata, perbuatan dan karya, agar tidak mengecewakan diri sendiri, agar bisa membanggakan KEB yang melahirkan Srikandi Blogger dan tentu bagian dari amal ibadah saya.


Wow...wow...setelah menuliskannya saya semlengeren. Artinya apa ya, sulit menemukan padanan kata yang tepat dalam bahasa Indonesia. Kira-kira heran sendiri dengan bayangan tentang Srikandi Blogger, disertai dengan pertanyaan dalam diri: apakah saya sanggup menjadi Srikandi Blogger?

Yah mau tidak mau, siap atau tidak, karpet merah telah terbentang. Tak ada kata untuk surut ke belakang. Bukankah saya memiliki KEB yang menghimpun banyak emak-emak hebat untuk bergandeng tangan bersama mengemban peran tersebut?

Bismillah dengan niat ikhlas saya menegaskan diri: 

SAYA SIAP MENJADI SRIKANDI BLOGGER 2014.

video

Manusia boleh berencana, berusaha, berdoa, namun semua taqdir telah digariskan Yang Kuasa. Saya mohon dukungan dan doa untuk mendapatkan yang terbaik bagi diri sendiri, keluarga, KEB dan bangsa ini dunia akhirat.


Mendapat gelar atau tidak, saya telah menjadi Finalis Srikandi Blogger dan menjadi Duta KEB. Saya tetap berusaha mewujudkan impian peran Srikandi Blogger.

Terimakasih untuk Makpon, Makmin, Makpan, Makjur atas semua kesempatan ini. Semoga KEB makin bersinar dan memberi arti dari Indonesia untuk dunia yang lebih baik. Amin.

Jogjakarta, 21 Februari 2014

Ida Nur Laila

58 comments:

  1. mak Ida aku padamuuuuuu.....go mak ida for SB 2014 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Salma pengunjung yang komen pertama niih

      Delete
  2. Selalu kagum pada ilustrasinya. Ajarin gambar dong mak Ida...nanti ya, pas kopdar

    ReplyDelete
  3. yg gambar kartunnya sapa mak? lucu ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak stok tukang gambar di rumah...maklum ibunya juga suka gambar

      Delete
    2. oalah pantes ternyata ibuknya suka gambar juga ehehe :)

      Delete
  4. Semoga kesuksesan selalu menyertai sampean, Mbak Ida. Salam hangat dari tempat nan jauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak luthfi, doakan saya sampai ke Yaman juga

      Delete
    2. maaf maksud saya mas Luthfi...bukan mak...

      Delete
    3. Hehehe... Kemarin ada yg manggil pak, sekarang mak. :)

      Delete
  5. mudah-mudahan kita isa ketemu di Jakarta ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku mau poto sama mama Cal-Vin....sampai ketemuu

      Delete
  6. Ah Mak Ida, dikau salah satu Srikandi Jagoanku. Semoga dapet mahkota ya, Mak. Dirimu sangat pantas untuk menang. Banyak pengalaman dan sangat inspiratif. Suksessss, Maaaak. :*
    Btw, ilustrasinya makin ciamiiik!

    ReplyDelete
  7. Kereeeeen mak ida,,,,baca tulisannya bikin betaaah,,,,bener2 cocok bangt srikandi neh,,,, sukses mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi mak Meti juga kereen...apalagi videonya...

      Delete
  8. Aku merinding euy pas liat videonya, merinding kagum dengan kesederhanaan Mak Ida yang penuh dengan kharisma. Musti belajar banyak nih dari emak hebat yg satu ini. Go gooooo Mak Ida for SB2014.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, sampai ketemu guling-guling di Kalibata ya...

      Delete
  9. Aaaah mak Ida for SB 2014!!! Suka banget sama videonya.. berasa diajak ngomong sama ibu sendiri. Pelan, pasti, tepat dan penuh kasih sayang. Suka bangeeeet.. bener-bener srikandi yang siap mengayomi :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Pungky, apa kata mama-mu tentang akuu...? hihi

      Delete
  10. Replies
    1. makasih Santi. tahun depan gantian mak Santi

      Delete
  11. Replies
    1. tengkiu Abdurahman. moga diberi yang terbaik saja...

      Delete
  12. Mak Ida...sukses yaa....tulisannya sangat inspiratif dan detail....
    sebagai sesama teman sejawat, saya ikut bangga ada apoteker yang bisa masuk 10 besar finalis Srikandi Blogger 2014....hihihihi....:)
    Salam kenal dan Semoga tgl 9 nanti disematkan mahkota Srikandi Blogger 2014 buat Mak Ida yaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal teman sejawat...doanya untuk yang terbaik dunia akhirat

      Delete
  13. keren mbak.gambare nggemesi. tapi rung ana gambare bikinan revo yak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya maak, lha revo malah mau nitip gambar naruto-nya...hihi

      Delete
  14. Mak Ida..., kagum aku akan segala yang telah Mak ida lakukan selama ini.
    Kiprah di dunia maya dan dunia nyata sungguh luar biasa.
    Salut juga utk gambar2nya yang luar biasa serta vidoenya yang sangat menarik.
    Maju terus Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak Reni...langsung cari ikat kepala nih...

      Delete
  15. Maju terus, Mak Ida... Haduhhh pusing saya baca tulisan para finalis Srikandi Blogger bagus2 semua. Semuanya keren.... Aku jg jatuh hati sama gambar ilustrasinya... Keren ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduuh jangan pusing saya...silahkan minum teh anget dulu...hihi

      Delete
  16. OOT bentar, itu kucingnya ikut diselamatkan ya mak? :D Kalau blogwalking saya sering sedih dengan curhatan emak2 ttg kondisi keluarga mereka. Semoga dengan hadirnya mak Ida bisa merangkul emak2 yg sedang galau supaya menjadi pribadi yg lebih positif & kreatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak Lusi...iyaa kucing kesayangan ikut diselamatin...betul saya sungguh prihatin dengan curhatan masal. harusnya problem keluarga diselesaikan di ruang privat bukan ruang publik.

      Delete
  17. Mendapat gelar atau tidak, saya telah menjadi Finalis Srikandi Blogger dan menjadi Duta KEB. Saya tetap berusaha mewujudkan impian peran Srikandi Blogger.

    Setuju Mak .... tidak terpilih pun ... sebagai emak yang blogger, KEB sungguh memperkuat posisi kita, jadi tidak terpilih pun kita tetap menjadi duta KEB, menjadi sosok yang akan dilihat bahwa seperti inilah emak yang blogger :)

    Keren gambar2nya, tulisannya,dan videonya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak...terus saling dukung untuk kabaikan bangsa ya mak

      Delete
  18. Keren, Mak!
    Maju terus pantang mundur nge-blog. Dengan atau tanpa mahkota Srikandi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak Dina...doa restunya untuk istiqomah sebagai apapun

      Delete
  19. videonya ga ada mak? sukses ya mak moga jadi SB2014

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ada dink tadi lemot kukira ga ada hehe

      Delete
    2. makasih sudah berkunjung ya mbak Agustina...

      Delete
  20. Mak Ida inspirasinya luar biasa, yuk kita selamatkan keluarga Indonesia. Semoga sukses ya mak..

    ReplyDelete
  21. Subhanallah, aktif banget, Maaak Ida. Jempol untuk program2nya!.
    Sukses dan selalu menginspirasai, yaaa. . .

    ReplyDelete
  22. Replies
    1. makasih mak enci...doanya untuk semua kebaikan,amin

      Delete
  23. Sukses sampai final ya Mak Ida, KEB bangga memiliki Mak Ida Nur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kunjungannya MakPuh. doa dan bimbingannya ditunggu selalu.

      Delete
  24. Halo Mak Ida, MakJur visit nih, sukses yaaa! :)

    ReplyDelete
  25. Mak Ida yang keren...:) pengen spt mak Ida yang nulis nulis dan nulis...
    bahasanya juga asiik,postingannya selalu aq cari kalo pas buka facebook.. go go terus mak Ida...!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkiu kunjungan dan dukungannya mak...

      Delete