Friday, August 29, 2014

Ibuku, Aku dan Gadget Idaman



“Kalau ikutan odoj, memang harus pakai hape?” tanya ibuku.
Aku agak sedih mendengarnya. Aduh gimana menerangkan ke ibu.

Ibuku hobi menonton televisi, melihat artis kesayangannya Dude Harlino dan Alisa Subandono pada ikutan odoj, sepertinya jadi tertarik. Tapi beberapa kali pengalaman punya hp, ibuku kesusahan mengoperasikan. Bisanya hanya menerima telepon. Itupun hanya aku atau adikku yang menelepon.

Pertama dulu dibelikan hape, karena bosan mengecas tanpa pernah menggunakannya dan setiap hari hanya menerima sms mama minta pulsa, ibuku justru memberikan pada anakku.

Setelahnya itu dibelikan hape sederhana oleh adikku yang bisa sekedar telepomn dan sms, dan kejadian berulang. Yang menelepon hanya aku sesekali, atau adikku lebih jarang lagi. Gegara tiap menelepon ibu justru tidak di kamar, jadi akhirnya menelepon ke telepon rumah. Ibu masih saja setia mengecas dan tiap bulan saya membelikan pulsa agar nomer tidak mati....

Nenek dan gadget-dokpri

Sekarang ibu pengin ikutan odoj. Gimana nih, kan harus update laporan setiap hari. Sesekali ambil lelangan dan sebulan sekali jadi admin. Sementara ibu kesulitan sms...kalau tiap hari aku yang harus memantau laporan untuk ibu...Hmmm padahal enggak satu grup dan tidak tiap hari aku sempat bertanya jam khatamnya....

Itulah mengapa saya sedih. Apakah ibu harus ganti hape yang lebih mudah memakainya. Jika kuajari andorid apakah juga akan cepat menyesuaikan diri?

Hmm....kenapa saya justru cerita tentang ibu yang gaptek?
Ibuku, orang tuaku satu-satunya karena bapak sudah almarhum. Aku selalu ingin membahagiakan ibu dan memenuhi semua keinginannya. Jadi sedih kalau ibu ingin sesuatu tapi aku belum bisa mewujudkan.

Fenomena bersemangat untuk menghatamkan Al-Qur’an ini rupanya telah merambah ke semua lapisan masyarakat sampai artis dan penggemarnya alias ibuku. Alhamdulillah yach...#Syahrinimode. Hal ini ditangkap sebagai peluang oleh perusahaan digital. Berbagai konten al-Quran digital ditawarkan.

Memang kemudahan yang menggiurkan. Sekarang mau tilawah Al-Qur’an kapan saja dan dimana saja bisa. Selama enggak lowbat. Tinggal diunduh saja langsung beres. Ngantri dokter, nunggu pesawat boarding, jeda antara kuliah, nunggu dosen atau rehat sejenak selepas sholat dzuhur di kantor. Setiap menit menjadi bermakna karena dimanjakan dengan Al-Qur’an dalam genggaman.

Saat ada yang meluncurkan smartphone berkonten murottal Al-Qur’an, pada awalnya wow banget. Namun setelah murattal ini bisa diunduh dan diinstal sendiri, sebagian orang cenderung memilih smartphone dan mengisi kontennya sendiri. Beberapa menginginkan spesifikasi tertentu dan fitur-fitur unggulan yang ditawarkan. Memang pilihan gadget mencerminkan kebutuhan dan cita rasa pribadi.

Sementara itu pilihan konten Al-Qur’an digital juga ada beberapa macam. Sesuai dengan kebutuhan. Ada Holy Qur’an yang tarjamahnya dalam bahasa Inggris, ada yang tarjamah perkata, ada yang disertai tafsir.

Jadi mana tuh yang dipentingkan? Gadget atau konten?
Saya sih mau dua-duanya. Seru banget kalau gadget memiliki spec dan fitur-fitur lengkap sesuai kebutuhan. Sebagai blogger smartphone android memudahkan saya menulis dan upload blog kapanpun dan dimanapun. Sebagai emak gaul saya suka sosialita melalui fb, BBM, twitter, instagram, line, WA.... Kamera juga menjadi hal penting untuk mengabadikan aneka momen dengan kualitas gambar yang baik dan...selfie!

Sementara aktivitas saya sebagai da’iyah, trainer dan publik speaking, ada banyak rujukan yang saya butuhkan setiap saat. Terkadang saat mengisi pengajian saya membutuhkan sumber ayat Al-Qur’an, tafsir, hadits  dan bahan ceramah.  Enak kan kalau bahan ceramah telah tersimpan rapi dalam genggaman. So, memorynya haruslah lumayan besar.

Saya juga odojer dan masih terus berjuang menghafal Al-Qur’an. Selalu bertanya-tanya adakah gadget yang bisa menunjang semua kebutuhan itu?

Di sisi lain saya adalah  emak rempong dengan anak-anak yang selalu bertanya saya dan ingin tahu. Jika boring mereka juga membutuhkan mainan alternatif misal dalam perjalanan antar kota atau sekedar mengunjungi neneknya.  Saya membutuhkan game edukatif yang memiliki fungsi menghibur sekaligus mendidik. Tidak mudahkan mencari game yang menarik dan aman bagi anak-anak.

Belum lama pada 1 Maret 2014 diluncurkan produk baru dari Syamil, ada Syamil note dan Syamil tab. Ini adalah terobosan kreatif dari Sygma Creative Media Corporation (Sygma CMC).  Jadi penasaran untuk mengintip apakah produk ini sesuai dengan kebutuhanku.


Ternyata produk yang brand-nya cantik dan smart Meyda Safira, ini memiliki spesifikasi:
§  Dual SIM GSM: 850/900/1800 MHz
§  3G/WCDMA: 850/2100 MHz
§  Android 4.2.2 Jelly Bean, Quad-Core 1.3 GHz
§  1 GB RAM, 4GB Storage, MicroSD External
§  8 MP Primary Camera 3264 x 2448 pixel
§  VGA Secondary Camera, Display IPS QHD
§  Ultra Clear Screen, 2000 mAh Battery
§  Free: Flip Cover & Screen Protector
§  BBM Ready
§  Browser , Calculator, Camera, Clock, Calender, Media Player, E-Book Reader, Video, Email, plus bundling syaamil tabz application.
§  Free external memory 8 GB

Ehem...ehm jadi ngiler deh..apalagi jika melirik Keunggulan:
konten yang built in Islami.

1.  Sangat Lengkap, berisikan referensi-referensi shahih yang bisa menjadi rujukan Anda dalam beribadah secara kaffah.
2.    Praktis, memandu untuk melaksanakan ibadah maupun mengimplementasikan nilai-nilai Islam secara mudah.
3.  Menyenangkan bagi siapapun yang menggunakannya. Aplikasi-aplikasi yang ada didesain secara khusus sesuai dengan kebutuhan dan karakter umat Islam di Indonesia.
4.   Menjadikan hari-hari semakin bermakna dan penuh arti dalam beribadah kepada Allah, dengan sekian aplikasi yang memandu mengamalkan ibadah-ibadah harian seperti: Tilawah dan menghafal Al Quran, Sholat, Zakat, Shaum, Dzikir, Tholabul ‘ilmi dan ibadah lainnya.



Eh ada pilihan juga produk Syaamil Tabz!
Lihat nih spesifikasinya:

- Network GSM/3G/EDGE/GPRS, Wifi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0
- Android 4.1 Jelly Bean, Dual Core 1.2 GHz
- 512 MB RAM, Internal Memory 4 GB, Up to 32 GB External Memory
- Bonus External Memory 8 GB
- Front Digital Camera, 2 MP Back Camera
- Display IPS 7 inches 1024 x 600, Capasitive Touch Panel
- Battery : 3500 mAh
*Video & E-Mail available, BBM Ready

Apalagi saat melongok  BUILT-IN APPLICATIONS: Lengkap pisan euy...!

Quran Miracle The Practice
Aplikasi Quran berbahasa Indonesia terlengkap yang pernah ada. Dengan 2 tampilan baca. Dilengkapi dengan tafsir, hadits, khazanah pengetahuan, panduan tajwid, panduan mengamalkan ayat-ayat Al Quran dan konten menarik lainnya.
Aplikasi ini dilengkapi dengan audio murotal yang dapat diulang-ulang sesuai kebutuhan. Merupakan aplikasi yang tepat bagi Anda untuk menghafal Al Quran.

Tafsir Ibnu Katsir 30 Juz
Tafsir karya ulama besar Syaikh Sya­fiyurrahman Al-Mubarakfuri yang sangat fenomenal, yang dalam versi cetaknya senilai 1-1,5 juta ini hadir di hadapan Anda secara lengkap 30 juz. Memandu Anda memahami Al Quran secara utuh berdasarkan penafsiran ulama besar Islam yang diakui di seluruh dunia.

Aplikasi Haji dan Umrah
Aplikasi ini memandu Anda secara lengkap tahap demi tahap dalam peribadatan haji. Menjelaskan secara rinci tentang landasan syar’i berhaji/umroh. Menjelaskan hukum-hukum haji, doa-doa dan kiat-kiat selama pelaksanaan haji. Lebih menarik lagi, aplikasi ini dilengkapi video tutorial haji dari Kementerian Agama RI yang menjelaskan tentang prosesi haji dari semenjak di asrama haji, di bandara, embarkasi, saat thawaf, wuquf, hingga kembali lagi ke Indonesia.

Merupakan Aplikasi E Book yang berisi 10 Jilid Buku Eksklusif full Ilustrasi. Berisikan buku-buku yang menjelaskan tentang keagungan Allah dan penciptaan makhluk-makhluk-Nya. Dalam edisi cetaknya, E-Book ini senilai lebih dari Rp. 2 juta.

Game A Ba Ta
Merupakan Game anak Muslim dengan tutorial, ilustrasi dan sound effect yang sangat menarik bagi anak-anak. Belajar hijaiyah dan membaca Al Quran terasa lebih mudah, cepat dan menyenangkan bagi anak-anak.

Syaamil Quran Terjemah per Kata
Aplikasi Quran dengan terjemah perkata berbahasa Indonesia. Memudahkan Anda dalam mempelajari arti/tafsir kata demi kata  dalam Al Quran. Anda dapat memahami makna Al Quran secara bahasa dengan lebih baik lagi. Dilengkapi penjelasan Ayat Tematik, Asbabunnuzul, dll. Aplikasi ini serupa dengan versi cetaknya.

Ibadah Muslim Kosmopolitan
Merupakan aplikasi yang berisi panduan praktis yang super lengkap bagi setiap muslim perkotaan yang menjalani ritme hidup yang sangat sibuk dan serba cepat. Memudahkan dan sangat membantu Anda dalam menjalankan ibadah di zaman modern ini. Di dalamnya terdapat berbagai konten berupa: Panduan Sholat, Panduan Bersuci, Panduan + Kalkulator Zakat dan Shaum, Panduan Janaiz, Doa Pilihan, Ayat-ayat Ruqyah (dilengkapi audio), Al Ma’tsurat (dilengkapi Audio), Masjid dekat Anda, Tasbih Digital, dan Jadwal Sholat.

My First Question and Answer
Aplikasi e-book yang mendampingi pertumbuhan keingintahuan anak yang besar terhadap lingkungan sekitarnya. Tujuannya, anak-anak Anda tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, kritis, dan luas wawasannya. Keseluruhannya terdiri atas 12 buku hebat, yaitu: samudra, hutan hujan, luar angkasa, planet bumi, tumbuhan, binatang liar, keajaiban, kendaraan, binatang ternak, anak binatang, burung, anggota tubuh.

E Book “It’s My World”
Merupakan aplikasi E Book yang berisi belasan jilid buku anak ekslusif berbahasa Inggris dengan muatan konten lokal Islami. Mengajarkan anak untuk memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya dengan sebaik-baiknya. E Book ini mengajarkan akhlak dengan kisah yang sangat menarik dilengkapi dengan ilustrasi yang disukai anak Anda. Dalam Edisi cetaknya, E Book ini senilai lebih dari Rp. 3 juta.

E Book lainnya
Berisikan lebih dari 50 buku Islam sangat menarik bagi anak-anak, remaja, dan dewasa/wanita, ­fiksi dan nonfiksi. Semuanya akan mendampingi hari-hari Anda maupun keluarga Anda menjadi penuh makna.
Buku dewasa: Kisah hidup Rasulullah saw. (Sirah Nabawiyah, Muhammad the Messenger, plus Abu Bakar, Umar & Ali), Rahasia Kekayaan Tertinggi, Rahasia Pengobatan dengan Puasa, dll.

Buku khusus wanita & parenting: Pesona Cinta Manusia-Manusia Pilihan, Special Guide for Woman (Bersuci, Shalat, Iktikaf, Puasa, Zakat, Haji & Umrah, Iktikaf ), 25 Cara Memengaruhi Jiwa dan Akal Anak, dll.

Buku remaja: Asmaul Husna for Teens, 10 Karakter Remaja Unggul, Novel Parodi (Jomblo Returns, Hantu Ambu Lanceu, Hantu Jeruk Bali, Bangsal 13-B), dll.

Buku cerita untuk anak: Putri Kara, Kuku Si Putra Raja, Hadiah Berbuat Jujur, Pensil Putri Salju, Puding yang Jujur, Super Doa, Super Islam, dll.

Bonus: Video animasi Anak dan lagu-lagu Islami yang sangat menyenangkan bagi anak-anak.

Semua aplikasi tersebut, jika dirupiahkan, maka nilainya mencapai lebih dari Rp 10 juta. Wow!

Sepertinya CMC sengaja  membuat Syamil note untuk saya, Revo dan kakak-kakaknya nih...Ge-Er dikit.

Duuh ngiler-ngiler mupeng...tapi harganya?
Intip isi kantung dulu.

Aihh terjangkau pula Rp 3.275.000 untuk Syamil note dan Rp2,150,000,
untuk Syamil tabz! Sebanding banget dengan nilai kontennya.

Sssttt tapi kalau dengan ikutan parade ngeblog bisa dapat gratis...uwaah alhamdulillah yach! Makanya bantuin doa biar menang. Amiin.

Lha trus ibukuhh...? #modeiklanmie
Kan belum terwujud keinginannya?


Aku dan Ibuku

Ntar coba diajari pakai Syamil tabz semoga cocok.
Bismillah.


14 comments:

  1. kalau sudah coba nanti review ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah kok mama Lidya, kemarin coba punya teman.....oke banget sih

      Delete
  2. saya juga ngiler banget pengen gadget keren ini niih :D, buat Neng Marwah biar pake gadgetnya game islami dan sembari belajar agama juga :D nabung aaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga dapat neh marwahnya biar tambah sholihah mak. amiin

      Delete
  3. wah.. senang dengan semangatnya ibunda mba. :) salam hangat buat ibunda ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kembali mak. Iya bundaku rajiin banget ibadah...alhamdulillah

      Delete
  4. Solusi yg tepat memberikan Syaamil Tabz buat ibunda utk memenuhi kebutuhan beribadah sehari2.. Met ngontes semoga sukses...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak, sukses juga buat mak Rita.

      Delete
  5. Sisi positifnya, meski fenomena gadget terus bertumbuh, justru mengarahkan kita pada hal-hal yang positif ya, mak. Gutlak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak Mira, yang penting kehati-hatian agar tetap berada dalam jalur yang benar. makasih ya makpon sudah mampir di rumah mayaku.

      Delete
  6. jaman skrg ini, hanya dari gadget, informasi apapun bisa kita dapatkan ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul...jaman yang ajaib subhanallah

      Delete
  7. waaaaah emang bikin ngiler tabznya ya mak :)

    ReplyDelete
  8. Salam untuk bundanya mbak Ida dari Odojers 1280 ....Syukron u.info Syamil tabznya

    ReplyDelete