Wednesday, July 16, 2014

Mengapa Oporku Uenak Tenan....?




Sekalipun  WangiMasakan Rumah, tidak berhasil mengantarku berkemah di Tanakita, tak menyurutkan hobi kuliner kami. Ya iyalah....kan tiap hari tetep makan :D

Memasak untuk sahur dan buka, bagiku adalah kemewahan tersendiri, karena tidak setiap hari berkesempatan demikian.

Opor adalah salah satu masakan favorit yang bisa membuat anak-anak nambah nasi segunung....dan tentu membuat emaknya senang bingits sekalipun harus masak nasi lagi.

Buat pembaca, saya bagikan rahasia opor enak ala chef amatiran ini.


1.     Ayamnya musti ayam kampung. Bukan ayam kampung yang diternakkan dan dijual di supermarket, tapi ayam kampung betulan yang cari makan sendiri dari alam.

2.     Santannya dari kelapa parutan tangan. Bukan kelapa parut mesin apalagi santan instan.

3.     Bumbu segar pilihan yang diuleg dengan alat tradisionel, bukan diblender  apalagi bumbu instan.

Bumbunya standar saja,  bumbu yang dihaluskan: Bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, gula, kemiri, garam, dan kunir/kunyit. Yang dimemarkan: salam, laos, daun jeruk, batang sereh. Jumlah proporsional dengan jumlah ayam. Cabe rawit dibiarkan utuh.

Ayam yang telah dipotong dan cuci bersih, campur dengan bumbu yang telah dihaluskan. Masukkan ke panci presto, tambahkan air secukupnya, sekedar merendam ayam saja. Tambahkan bumbu yang dimemarkan.

Masak dengan api sedang selama 30 menit, terhitung sejak panci presto mendesis.
Setelah masak dan panci sudah tidak mendesis, tambahkan santan kelapa, biarkan mendidih, tambahkan cabe rawit merah utuh, cicipi rasa gula dan garamnya.

Masakan siap disajikan. O ya saya masak ayam 2 kg, dan garam yang digunakan sekitar 2 sendok makan. Kelapa 1 butir. Adapun bumbu, bisa dihitung yang ada di gambar ya...

Enak dipadu dengan taburan bawang merah goreng dan lontong. Pakai nasi juga oke banget.  


Santan Kelapa parut
Ayam campur bumbu
Belum sempat difoto keburu habis...jadi hanya ini nih



Selamat mencoba dan lihatlah reaksi yang menikmati. Hmmm yummy.






26 comments:

  1. betul banget mak,saya kalo ngincipin masakan ibu/ibu mertua yg masih alamni banget pasti rasane nendang,beda banget sama saya yg alamaninya berkurang hehehehe...santan beli yg di mesin,ayam beli itupun dikurung hehehe,nah kalo bumbunya masih ngulek *kalo g malas* hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi....ayo mak sesekali berjuang untuk "momen istimewa"...kalau tiap hari ribet

      Delete
  2. Terimakasi sharing resepnya, Mak..

    ReplyDelete
  3. Aaaaak Mak Idaaaaa bikin aku ngileeerrrr. Aku ga bisa bikun yg alami semuanya, hihihi. Pantesan rasanya beda banget yah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mak isti berlibur ke jogja, tak masakin opor dan tak puter-puterin...tapi jangan lupa bawa karpet hahahaha

      Delete
  4. Ayam kampungnya dirumah sya bnyak mbk. Gak djual d super market jg. :)

    ReplyDelete
  5. udah kebayang enaknya. Ayam kampung sama bumbu ulek itu memang kuncinya, ya, Mak. Beda kalau diblender. Kalau saya suka ditambahin belimbing wuluh kalau lagi ada. Sama kencur. Soalnya anak2 saya suka opor yang ada rasa kencurnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak...ada juga yang tambah jahe dan jinten....tapi kalau kencur anakku gak mau....keke sama nai pasti langsung nambah tuh....

      Delete
  6. Replies
    1. hihi belum lebaran udah nyicipi suasananya

      Delete
  7. Slurrpppp...enyak nih. Jadi elap iler :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya kemarin aku nggak masa opor pas buber ya mak

      Delete
  8. aku mau cicipi masakan mbak ida dong :)

    ReplyDelete
  9. yang alami memang lebih enaaakk... tapi kalo pas di rumah sendiri, masak sendiri, bakal lama banget ya Bu? hehehe... Ini asyik utk menu lebaran nanti. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau naker-nya banyak kayak saya enggak pakai lama mak...

      Delete
  10. aduh mba... jadi ngeces nih... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe santi ke rumahku...kita ngeces bareng....

      Delete
  11. jadi pingin mampir ke rumah bu ida pas lebaran nanti.. sluuuurp...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo open house hari pertama menunya lontong opor...

      Delete
  12. aduh, belum punya panci presto, kalo slow cooker pake api kecil bisa kan ya Mak? cuma memang lama sih :)
    Terimakasih resepnya, nanti saya coba pas lebaran... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mak. dimasak dengan api sedang rebus sampai empuk yang disukai. mungkin satu jam udah empuk.

      Delete
  13. woww..lezat banget sepertinya patut dicoba ya Bunda :)

    ReplyDelete