Sunday, January 4, 2015

Pantai Glagah


Hari terakhir liburan mau kemana nih?

Di seputar Jogja banyak alternatif lokasi wisata. Diantaranya deretan pantai eksotis yang berjajar dari wilayah Kulon Progo, Bantul dan Gunung Kidul.
Salah satu yang memiliki keunikan adalah pantai Glagah. Apa sih keunikannya?

Pantai selatan terkenal dengan ombak besar yang ganas dan dasar pantai yang susah diduga. Demikian pula pantai Glagah, ombak besarnya menyiratkan tantangan tersendiri.


Pengelola setempat membuatkan semacam tanjung dengan barikade beton penahan abrasi yang menjadi area menikmati pemandangan laut lepas atau sekedar berfoto ria. Lidah ombak terkadang mencapai track  pejalan kaki menimbulkan kehebohan dari pengunjung yang tidak bersiap basah kuyup. Air laut yang terbawa angin menjadi buliran harus seperti gerimis berasa asin. Menyapa wajah-wajah pengunjung pantai.



Namun inilah keunikan patai Glagah. Di sebagian tepi pantai terdapat kubangan air payau yang membentang cukup panjang menjadi semacam danau. Terdapat banyak pandan air yang cantik dan karamba dari penduduk setempat. Suasana tenang dan nyaman, cocok untuk rehat setelah lelah berjalan kaki menikmati pemandangan ombak.

Di lokasi itulah tersedia aneka fasilitas wisata sederhana berupa perahu, kayak, bebek air dan kolam renang. Anak-anak aman bermain air dan berperahu. Orang tua dapat menunggui dengan menggelar tikar di bawah kerindangan pohon cemara.


Kami menyewa tikar dengan membayar Rp.5.000 saja.
"Aku mau renang, bayar berapa?" Tanya Revo pada seorang perempuan penjaga parkir.
"Renangnya gratis kok, tinggal nyebur saja. Yang bayar sewa ban pelampung."
Kami tertawa mendengarnya. Kami membayar Rp.5.000 untuk satu ban. Menyewa kayak cukup dengan Rp.15.000, cukup untuk 2-3 orang. Untuk berperahu hanya membayar Rp.5.000 perkepala. Atau menyewa dengan harga Rp.80.000 muat untuk 15 orang lebih.


Fasilitas mushola, mck dan tempat mandi tersedia walaupun masih sangat sederhana. Demikian pula warung-makan dan aneka toko suvenir serta baju batik. Buah-buahan lokal seperti semangka, buah naga dan salak tersedia dengan harga terjangkau. Demikian pula hasil bumi seperti bawang merah, bawang putih dan terung serta labu.


Berbagai produk laut seperti ikan, undur-undur dan lain-lain juga mudah tersaji di warung makan.
Pantai Glagah terletak sekitar 5 km dari kota Wates atau sekitar 35 km dari kota Jogjakarta. Dapat ditempuh dalam waktu 1 jam saja melalui jalan utama yang mulus dan lapang.
Yuuk dicoba dan rasakan kegembiraannya.

24 comments:

  1. wah seru ya mbak anak-anak bisa naik kayak. Aku malah belum pernah merasakan naik kayak

    ReplyDelete
  2. Deket rumah ku tuh Mak :D
    kapan2 mampir yaa klo kesini lagi *klo aku pas di rumah juga deng :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih kabar ya kalau mudik, entar aku mampir hihi

      Delete
  3. Jadi kangen undur-undur. :D
    Hai Revoo. . . ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai tante Idah, main yuuk sama undur-undur

      Delete
  4. seru banget ya acara beginian ama keluarga....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mak, seharian enggak terasa capek hehe

      Delete
  5. Baru tahu tentang pantai ini, Mak. Unik juga barikade betonnya, ya. :)

    ReplyDelete
  6. ahhh pantai glagah emang andlaan wisata murah meriah ya bu hehe mantap jalan" sama adek"nya.... baru tau saya da kanonya juga...

    ReplyDelete
  7. Saya suka ke pantai glagah, pernah liburan naik kapal disana

    ReplyDelete
  8. Undur-undur bisa dimakan ya Mak..? Saya baru tau..hi..hi.. *tepokjidat
    Biasanya kalo berlibur ke yogya, pantai yang saya kunjungi hanya Pantai Parangtritis saja. Ternyata ada pantai lain yang gak kalah indahnya ya.. makasih infonya Mak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak Nurul, cobaik saja ke pantai Glagah. kalau undur-undur laut saya juga enggak doyan hehe

      Delete
  9. waaahh, kayaknya pantai ini ga terlalu ramai ya, enak ga terlalu crowded ya, harganya juga murah2

    ReplyDelete
  10. Wah kapan2 kesana ah. Kemarin pantai glagah dilewati aja nggak tau ada kayak segala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik kok mak Lusi, ananda pasti betah berkayak.

      Delete
  11. waaaah seruuuuu ...pengeeen nih main ke jogja lagi, eksplorasi tempat baruuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan mudik mak? yuuk ke yk banyak tempat wisata baru ada gua pindul, gunung nganggleran, air terjun srigethuk...seru wis.

      Delete