Thursday, June 13, 2019

Bermain Peran

Bermain Peran

Oleh: Ida Nurlaila

Sepertinya saya belum move on dengan tema adab. Kali ini permainan yang sering saya lakukan dengan anak-anak waktu mereka masih kecil: bermain peran.
Menghabiskan waktu bersama anak tidak melulu dengan mengikuti apa mau mereka. Bagus sekali jika ortu punya agenda tema permainan. Bermain peran termasuk agenda penting mengajarkan adab.

Apa saja tema permainan?
Anda dapat membuat list tema, misal:
Bertamu
Berjual beli
Sekolah
Arisan
Pengajian
Rapat
Pertunjukan
Lomba melawak
Lomba puisi
Konser musik
Pegawai kantor
Keluarga
Piknik
Memancing
Memasak
Berkemah
....

Gimana tuuh cara bermain peran?
Daftar permainan bisa ditulis dan dimasukkan ke kotak kocokan, kita kocok dan lakukan jenis permainan yang keluar. Atau tanpa kocokan pilih saja sesuai mood dan suasana. Siapkan tempat dan kostum jika perlu serta properti pendukung.

Misal niih, memilih permainan tamu-tamuan. Orang tua dan anak bisa gantian jadi tuan rumah atau tamu. Beneran pura-pura ketuk pintu, mempersilahkan duduk, mengobrol, mengeluarkan hidangan, mempersilahkan, hingga nanti pamitan.

Menjadi tamu bisa disepakati misalnya pura-pura tamunya kerabat, dari desa. Nanti obrolannya juga tentang suasana di desa. Atau tamunya seorang pedagang obrolannya tentang pasar dan jualan. Biarkan imajinasi anak berkembang sesuai pengetahuan mereka.

"Assalamualaikum... Tok...tok...tok"
Anak belajar mengetuk pintu yang sopan seperti apa. Bukan menggedor, tidak keras dan tidak pelan. Frekwensinya seperti apa dan maksimal mengucap salam tiga kali dengan jeda.
Dimana posisi berdiri yang sopan, tidak mengintip ke dalam rumah dan menanti dengan sabar. Masuk ruangan dengan sopan dan duduk saat dipersilahkan.

Kondisi jika kita duduk di kursi berbeda jika lesehan. Kursi mana yang diduduki tamu, mana yang untuk tuan rumah, anak-anak perlu tahu. Bagaimana jika lesehan, cara berjalan melewati orang lain, cara duduk saat lesehan, seru lho kalau dipraktekkan.

Tidak memulai pembicaraan penting sebelum tuan rumah selesai basa-basi. Ajari basa-basi prolog seperti pertanyaan:
"Dari mana bapak ibu ini?"
"Dari sana jam berapa?"
"Tadi mengendarai apa? Apakah perjalanan lancar? "
"Cuaca panas atau dingin, hujan atau tidak?"
Dst.....

Anak belajar membuat teh, menyajikan makanan minuman, mempersilahkan tamu, cara mengambil hidangan jika dengan piring atau mana yang boleh diambil dengan tangan. Hidangan bisa pura-puraan atau betulan sesuai kondisi saja. Demikian terus lakukannya hingga runutan pamitan pulang
"Hati-hati di jalan!"
"Sampai ketemu lagi!"
"Besok main lagi ya!"

Biarkan kegembiraan mendominasi. Kadang kesalahan menjadi kelucuan bersama. Jangan terlalu kaku untuk harus betul. Anak-anak senang bermain peran, merasakan kebersamaan dengan orang tua, berpura-pura menjadi orang dewasa dengan profesi tertentu.

Kami juga menggelar 'permainan' rapat keluarga sejak undangan hingga acara rapat, lengkap dengan hidangan. Rapatnya sih seakan permainan tapi temanya beneran lho, bahas sesuatu yang kami anggap penting. Misal program liburan, program ramadhan atau aturan gadget dan televisi di rumah. Tak lupa semua berbagi menjadi petugas rapat seperti ketua, notulen, anggota , seksi konsumsi. Istilah kerennya learning by doing.

Konon faktor pembentuk ingatan anak itu jika ucapan hanya 30%, jika contoh dan anak melihat akan menyumbang ingatan 40%, jika anak diteladankan oleh orang tua. Dan 60% jika mereka terlibat melakukan. Dasyatnya, jika ketiga hal itu dilakukan, maka anak terlibat dan membentuk ingatan hingga 90%.

Selain ketrampilan sosial, bermainan peran juga membentuk rasa percaya diri, ketrampilan verbal, dan kemampuan menyesuaikan pun membawakan diri.
Mengajari adab pada anak bukan hanya saat event bertamu, akan tetapi bisa kita persiapkan sejak dini, di rumah kita sendiri.

Selamat mencoba.

2 comments:

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete
  2. Wahh sangat bagus untuk pendidikan anak, bisa dipakai dirumah. Makasih ibu sudah berbagi. Bolehlah mampir juga ke Tel-U.

    ReplyDelete