Sunday, November 10, 2013

MY FIRST SALARY

Gambar dari sini

Gaji pertama ?
Harus memutar otak untuk mengingatnya, yang mana gaji pertamaku ?

Aku telah menjadi anak yang mencari uang sejak sekolah. Saat masih SMP, aku kadang menemani anak tetanggaku, kalau bahasa kerennya sekarang jadi ‘the Nany’.
Tetanggaku ibu-ibu rumahan yang punya tiga orang anak. Jika ia harus pergi ke suatu acara seharian atau hingga malam, maka ia akan meminta tolong padaku untuk tinggal di rumah menemani anak-anaknya. Aku mendapat upah beberapa ratus rupiah untuk proyek ini. Itu sudah menyenangkan bagiku sebagai tambahan uang jajan.

Saat SMA, aku mulai menulis cerita dan kukirimkan ke majalah remaja. Alhamdulillah ada juga yang dimuat. Kuingat honor tulisan pertama kuterima dari majalah MOP yang sedang ngetop di tahun 1985. Honornya Rp. 12.500, kubelikan kain untuk membuat busana muslim. Saat itu sedang memperjuangkan eksistensi jilbab. Baju motif kotak-kotak warna merah oranye itu kupakai hingga aku lulus kuliah...weeh awet nian. Setiap mengenakannya selalu kuingat...ini honor pertamaku! Bangga ...hihihi. 

Sayangnya setelah 28 tahun, baju bersejarah itu tak lagi kuingat dimana gerangan.

Saat kuliah, aku menjadi guru ngaji, jualan kerudung, baju dan majalah, juga tetap menulis. Mungkin yang bisa digolongkan gaji pertama adalah honor mengajar mengaji. Kuingat, honorku bulanan pertamaku Rp.22.500. Aku tak pernah membuat tarip, jadi berapapun kuterima dengan senang hati. Untuk membayangkan, uang segitu bisa untuk apa, saat itu nasi sayur lauk tempe seharga Rp.150,-. Kalau lauk ayam Rp. 350,-. Adapun uang jatah bulananku dari orang tua Rp.30.000-40.000. Jadi sudah lumayan besar kan ?

Nah honor pertama untuk apa ?
Karena tidak menyangka akan diberi honor, jadi kubelikan bensin full tank untuk motor teman yang selalu kupinjam untuk mengajar ngaji. Itu sebagai ucapan terimakasih. Temanku jingkrak-jingkak....kegirangan. Selain itu, sebagian kubelikan hadiah kecil reward untuk murid ngajiku...maksudku kukembalikan ke anak-anak itu, karena aku merasa tidak terlalu nyaman diberi bayaran. Aku sudah mengajar mengaji sejak SMA, dan baru kali itu dibayar. Sisanya kupakai membelikan makan-makan untuk teman satu kos...habis deh! Hehe yang penting senang...dan menyenangkan orang lain.

Gambar dari sini
Ah semua itu kan cuma honor ...mana yang tergolong gaji?

Setelah lulus, aku bekerja sesuai bidangku, farmasis. Aku magang di apotek milik dosenku, sebagai Apoteker Pendamping. Gaji pertama kuterima Rp. 150.000. Karena ayahku sudah meninggal dan saat itu aku harus membiayai kuliah 2 adikku, jadi uang itu langsung kuserahkan pada ibu untuk membayar SPP kuliah adikku. Rasanya senang dan bangga bisa menyumbang untuk orang tua. Jumlah yang sebenarnya sangat sedikit, namun bisa meringankan beban ibuku.

Mungkinkah di paruh baya usiaku kini akan mendapat first salary dari jenis pekerjaan baru...?



17 comments:

  1. hebat deh, masih SMA tapi sudah mandiri banget dan melakukan pekerjaan yang bermanfaat bagi orang lain

    ReplyDelete
  2. makasih kunjungannya mak, btw aku masih utak-atik nih linknya...

    ReplyDelete
  3. Hebat euy,, sedari dini udah dibiasakan mencari uang tambahan sendiri, bisa bermanfaat buat orang lain pula :)
    semoga menjadikan kita lebih bersyukur dan senang berbagi ya..

    Makasih udah ikutan GA ini^^

    ReplyDelete
  4. inspiring, smga makin banyak anak Indonesia yang punya penghasilan sendiri sejak dini, gak alay-alay geje. saya sendiri sejak SD sdh dibiasakan dagang dan mburuh . ketambahan bapak sedo saat saya masih di bangku SMa.
    btw, salam kenal ya bu ida *salam kenal di blog *

    ReplyDelete
  5. salam kenal bunda. gabung yuuk di KEB. semangat menulis jadinya...

    ReplyDelete
  6. Subhanallah .. suka sekali baca kisahnya Mbak :)

    ReplyDelete
  7. nih meramaikan GA...sekalian mengingatkan tema yang belum dtulis...btw batenya hanya 450 kata jadi...tantangan untuk yang banyak omong agar hemat kata-kata...makasih kunjungannya mak Mugniar

    ReplyDelete
  8. gajiku 4jt tahun 2005 jadi MDP dicitibank tapi ga boleh keluar selama setahun...dan well work hard play hard hiiihihihi

    seneng ih bisa mandiri dari sma :"( waktu segitu aku minta aja masih :(

    ReplyDelete
  9. hehe gaji gede buat apa saja suria riza ?

    ReplyDelete
  10. mak, keren banget SMP udah cari duit jadi nanny....
    aku SMP pikirannya masih maen dampu masak.. :'(

    ReplyDelete
  11. hehe keadaan yang memaksa dan mendewasakan...

    ReplyDelete
  12. Dalam hidup, kadang yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha melakukan hal baik yang bisa kita lakukan. termasuk bekerja sejak usia sekolah, karena didesak kebutuhan. Aku merasakan sejak SD malah :) tapi kalo bicara gaji pertama, terasa sekali waktu kuliah, gaji pertama untuk biaya hidup sendiri dan byr kuliah krn tiba2 ortu bangkrut. Suka cerita gaji pertamamu ini mba, mengingatkan pada pengalaman hidupku.

    semoga sukses ngontesnya..

    ReplyDelete
  13. kereeeen..masih kecil jadi nanny..aku aja pegang bayi pertama kali ya anak sendiri..

    ReplyDelete
  14. Wah luar biasa pengalamannya mba,... semoga menang ya giveawaynya :)

    sala kenal ya mba ^_^

    ReplyDelete
  15. AEibaFREE pernah bayinya muntah-muntah saat dititip ke saya...saya cemas bukan main....makasih kunjungannya IrmaSenja dan EDibaFREE...amin doanya...moga dapat pulsa hehehe

    ReplyDelete