Saturday, April 19, 2014

Pesan Terakhir Sang Zombigaret


(Diary sang Zombigaret)

Halooww... aku ini sang Zombigaret...
Duluu aku juga cakep macam kalian...tapi ada godaan yang membuatku jadi begini hiks.
Aku mau curhat, biar kalian tahu kisahku. Sukur-sukur kalian dapat mengambil pelajaran dan tidak meniru langkah keliruku.


Begini, semua bermula saat usiaku 14 tahun. Waktu itu aku kelas 2 SMP. Yaah seperti layaknya ABG gaul, aku berteman dengan siapa saja. Aku suka nongkrong di warung, di situlah teman-teman mengajariku merokok....


Sebenarnya tuh aku enggak mau, aku ingat pesan orang tuaku untuk tidak merokok. Tapi...tapi karena dipojokin oleh teman-teman, dibilang bancilah kalau gak berani merokok...tahulah sendiri aku larut.

Mula-mula merokok itu menyiksa, aku batuk-batuk dan sedikit sesak....yaah karena lingkungan terus menyeretku...aku jadi suka dan terus makin suka.
Bahkan mungkin tergolong kecanduan. Soalnya tuh ciri kecanduan rokok seperti kuku kuning, gigi kuning, nafas bau rokok, itu sudah ada padaku.

Keluargaku bersusah payah menjelaskan bahaya rokok padaku, misal nih kandungan zat berbahaya yang ada dalam rokok sangat banyak. Namun aku kok nggak nyadar ya...

video
Video dari sini 

Hingga setelah 9 tahun, akhirnya aku merasa mulutku sakit. Sakiiit sampai aku nggak tahan rasanya. Mula-mula seperti sariawan yang nggak sembuh-sembuh...lama-lama bernanah...duh!

Ternyata aku kena kanker mulut....
Badanku sampai kurus kering karena susah banget buat makan. Tentu saja aku juga nggak bisa merokok lagi. Apakah aku sudah menjadi zombigaret yang hidup segan mati tak mau?

Aku sudah susah sekali berfikir. Lidah dan mulutku hanya merasakan sakit...jadi aku kehilangan kesenangan hidup. Makan apapun tak enak. Minum tak enak...apalagi merokok hanya makin menyiksaku.bahkan aku tak bisa bicara!

Teman-teman nggak mau kan mengalami seperti aku. Hidup hanya menanti sesuatu yang nggak kutahu.... Namun di sisa hidupku ini, aku ingin sedikit memberi manfaat pada kalian terutama para anak muda. 
Janganlah kalian tergoda oleh rokok. Rokok membakar uangmu, membakar hidupmu, membakar masa depanmu. 
Yaah kecuali jika ada yang ingin menjadi zombigaret macam aku huh!

Maka jika belum pernah kenal rokok, bersukurlah, jauhi teman atau orang-orang yang bisa menjerumuskan pada rokok.
Jika engkau terlanjur mengenal rokok. Berhenti, berhentilah sekarang juga. Ini ada tips untuk berhenti merokok.


Dan kalian para cewek...jangan sesekali menyentuh rokok, apalagi menghisapnya. Jauhi orang yang sedang merokok, jangan mau punya cowok yang merokok. Putus hubungan saja demi masa depanmu. Rokok membahayakan janin dan organ reproduksimu. Rokok juga bikin kamu cepet tua dan nggak cantik lagi.


Buat para orang tua, apakah kalian pengin punya anak perokok? Pastilah nggak ada yang berdoa:
“Ya Tuhan jadikan anak-anakku perokok!”
Nggak ada!

Tapi ketahuilah, jika engkau tetap menghisap rokok di depan anak istrimu, artinya engkau mengatakan dengan bahasa non verbalmu:
“Ayoo nak mari merokok!”
“Ayoo nak jadilah perokok !”
So, bagi orang tua yang ingin anaknya jauh dari rokok buang sekarang keinginanmu untuk merokok, demi masa depan anakmu. Karena rokok adalah pintu masuk narkoba. Hiiy!

Inilah pesan-pesan terakhirku sebagai zombiegaret. Aku berusaha menyadarkan kalian agar kalian mengerti betapa merana menjadi zombie...
Tak ada lagi cewek yang mau berjodoh denganku.
Hiks....

Artikel ini peserta lomba menulis "Diary sangZombigaret"

 


Jogjakarta, Sabtu, 19 April 2014

18 comments:

  1. Waah.. pesannya Pas mbak. Selamat berlomba ya. :)

    ReplyDelete
  2. anak remaja memang punya pengetahuan yang cukup tentang rokok, minmal mereka tau kalau rokok itu bikin ngga sehat. tapi lingkungan lebih berpengaruh sehingga pengetahuan tersebut diabaikan.

    peran keluarga penting untuk merangkul anak remaja, jangan sampai terjerumus. Rokok cuma awalnya aja, nanti bisa masuk ke tahap yang lebih berbahaya. Kasak saya dong, keren, ngga merokok ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kereen kalau gak merokok . makasih ya udah berkunjung.

      Delete
  3. melawan keinginan untuk merokok itu memang harus punya niat yang kuat dan didukung lingkungan yang kuat juga dalam menyatakan perang bagi perokok.....selamat berlomba ya..semoga menjadi yang terbaik...keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya om, makasih juga pinjaman videonya

      Delete
  4. Seram... Jadi ingat sewaktu Bandung Car Free Day pernah lihat zombie2 ini berkampanye anti-rokok. Seram... Karena begitulah seramnya rokok

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mak Eusry Noor. saluut pada para zombie pejuang anti rokok ini...yuuk jadikan Indonesia bebas asap rokok

      Delete
  5. Sukses lombanya mak.. sy blm nulis coz blm ktemu narsum yg pas..^^

    ReplyDelete
  6. gambar2nya ngeri pisan maaak.. takut aneeee..

    good luck ya mak

    ReplyDelete
  7. menyeramkan ya mbak gambarnya. Good luck mbak ida

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, biar yang pada ngerokok terketuk hati dan tobat. makasih doanya. ikutan juga kah?

      Delete
  8. Iih.. serem zombienya..
    good luck ya Mak, lombanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya amiin doanya.makasih udah mampir

      Delete