Tuesday, May 27, 2014

Revo dan Toekangpoto: One day at Rawa jombor and Sadranan

Karya Revo 1

Momen langka ini betul-betul kualami tanpa sengaja.
Bermula dari mampirnya serombongan teman dari komunitas Toekangpoto yang menginap di rumahku. Tiga puluh orang lebih ini rela tidur ala bandeng berjajar di garasi rumah kami.

Mereka berkumpul dari seluruh Indonesia untuk memperingati milat yang ke 3 berdirinya komunitas Toekangpoto. Acara tahunan kali ini mengunjungi Kraton, Taman sari, Malioboro dan Tugu, pada hari pertama.

Hari kedua meliput sunrise di Rawa Jombor dan sarasehan serta sunset di pantai Sadranan Gunung Kidul.
Hari ketiga meliput sunrise di Candi Plaosan.
Nah saya hanya sempat mengikuti acara hari ke dua.

Karya Revo 2

Berangkat dari rumah, jam 03.00 dini hari, belum mandi namun penuh semangat semua menuju bus yang sudah siap menanti. Namun dalam bus sebagian melanjutkan tidur haha.

Tepat saat adzan shubuh, kami sampai di dukuh Jombor, Krakitan, Bayat, Klaten.
Segera kami sholat jamaah shubuh di masjid setempat yang lumayan bagus untuk ukuran masjid di pelosok. Setelah sholat dan berbasa-basi dengan warga setempat, kami berjalan menyusuri tepi rawa mencari tempat strategis untuk memotret landscape.

Karya Revo 3

Semua orang sibuk dengan berbagai peralatan kamera mereka dan aku sibuk mengejar-ngejar Revo yang ikut-ikutan sibuk memotret dengan ipad. Aku khawatir saja Revo tercebur atau mengganggu para fotografer Toekangpoto.

Cuaca cerah dan kami menikmati suguhan alam yang indah sejak semburat fajar hingga matahari agak meninggi. Penduduk setempat satu persatu berdatangan untuk mencari ikan, menengok jaring atau mencari kangkung untuk pakan ternak mereka.

Karya Revo 4

Ketika lebih terang, beberapa orang datang menyewa getek untuk memuaskan hobi memancingnya. Sewa getek hanya Rp.5000 perhari. Murah ya. Aku sempat mengobrol dengan pak Sriharno yang memiliki 32 getek yang siap disewakan.

Setelah puas eksplorasi foto di Rawa Jombor, kami melanjutkan perjalanan dan mampir di sebuah pasar tak jauh dari lokasi, untuk mengisi perut. Pilihan menu pagi ini soto ayam, gule ayam, soto bebek dan gule bebek. Revo memilih sarapan Pop Mie #halah.

Revo belajar memotret

Perjalanan lanjut menuju Gunung Kidul melalui jalan pintas jalur Cawas-Karang Mojo. Jalan yang berliku dan sopir bus yang layaknya superhero, membuat sebagian penumpang bersorak-sorak ngeri namun penuh canda tawa. Apalagi saat di depan bus ada mobil yang lelet tidak kuat melewati tanjakan panjang...

Aku memilih tidur untuk membayar hutang tidurku sejak beberapa hari. Sekaligus mengurangi stres perjalanan.

Eksotis

Singkat cerita sampailah kami di pantai Sadranan yang indah penuh pesona. Mungkin ini hari terbaik bagi kami terutama Revo yang seolah menemukan surga.

Bermain air di laut yang bening dan dangkal, jauh dari ombak besar. Atau membuat istana pasir di hamparan pasir putih yang bersih...seharian! Bahkan hingga matahari terbenam.

Revo menemukan "surganya"

Sudahlah...selebihnya lihat sendiri di foto-foto yang tidak dibuat oleh Toekangpoto, tapi secara serius dijepret oleh Revo dan olehku hanya dengan kamera ipad.

Yuuk yang minat mengunjungi Rawa jombor dan pantai Sadranan.

Kompak nyanyikan Indonesia raya

1. Jadi ingat pas ditraktir ulangtahun teman di rawa Jombor, hehe
    Waah, revo suka poto-poto juga yaa,
    selamat istirahat Mak :)

2. sip, asyik ya kalau bisa jalan-jalan terus meilhat alam saat pagi menjelang , wah pasti rasa syukur akan selalu ada di hati melihat keindahan alam yg diberikanNya

1. betul banget Tira, walau badan capek, tapi jadi rehat jiwa

3. wah keren banget hasil bidikannya revo mak hehe...baru denger namanyaa..smg busa ke sini ;)

4. Revo sudah pintar memotret ya mbak

1. iya katanya kalau besar mau jadi fotografer mak

5. Kayaknya namanya Sadranan deh Bu, bukan Sradanan.

6. Thanks info rawa jombor dan pantai sadranannya mak ... suatu saat nanti aku harus ke sana juga ... hehhehehhee