Wednesday, October 28, 2015

Bani Nadzir Terusir

#OneDayOneSirah*
26 Oktober 2015

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh...
Alhamdulillah Allah masih memberi kita nikmat sehat dan nikmat panjang umur sehingga kita masih bisa mengikuti kisah-kisah teladan Rasulullah Shalallahu alaihi wassalaam 😊
Bagaimanakah kelanjutan kisah tragedi yang menimpa Rasulullah dan para sahabat?
Yuk kita lanjutkan kisahnya.....😊

🐞Bani Nadhir Terusir🐞

Huyay bin Akhtab, pemimpin Bani Nadhir,mengirimkan utusan kepada Rasulullah untuk mengatakan, "Kami tidak akan keluar dari tempat tinggal kami. Berbuatlah menurut kehendakmu!"

Maka, Rasulullah dan para sahabatnya bertakbir dan berangkat ke perkampungan Bani Nadhir. Bendera pasukan diserahkan kepada Ali bin Abu Thalib. Sedangkan pemerintahan Madinah dipercayakan kepada Ibnu Ummi Maktum.

12 malam lamanya, pasukan Muslim mengepung dan bertempur. Orang2 Bani Nadhir bertempur dengan gigih dari rumah ke rumah. Setiap kali sebuah rumah sudah tidak bisa dipertahankan, mereka robohkan dan pindah ke rumah berikutnya. Namun, bantuan yang dijanjikan Abdullah bin Ubay tidak juga tiba. Untuk lebih menekan lawan, Rasulullah memerintahkan agar para sahabat menebangi dan membakar kebun2 kurma milik Bani Nadhir.

Orang2 Bani Nadhir memprotes keras, "Muhammad! Tuan melarang orang berbuat kerusakan. Tuan cela orang yang berbuat begitu. Akan tetapi, mengapa pohon2 kurma ditebangi dan dibakar?"

Kemudian turunlah firman Allah untuk menjawab kata2 Yahudi itu, "Apa saja yang tebang dari pohon kurma (milik orang2 kafir) atau yang kamu biarkan (tumbuh) berdiri di atas pokoknya, maka (semua itu) adalah atas izin Allah, dan karena Dia hendak memberikan kehinaan kepada orang2 Fasiq." (QS. Al Hasyr, 59:5)

Setelah itu, pertempuran tidak berlangsung lebih lama. Semangat orang2 Yahudi pun luruh, berserakan seperti dedaunan kering. Mereka pun membuat pernyataan menyerah, "Muhammad, kami sipa hengkang dari Madinah."

Maka, Rasulullah memberi mereka kesempatan untuk pergi dengan membawa segala harta yang dapat dimuat ke atas seekor unta. Sisanya disita kaum Muslimin. Termasuk senjata dan perlengkapan perang. Sebanyak 50 baju besi dan 340 bilah pedang menjadi milik kaum Muslimin.

Hanya 2 orang Yahudi yang memeluk Islam, Yakin bin Amr dan Abu Sa'ad bin Wahab. Harta kedua orang ini dikembalikan kepada mereka.

Kita lanjutkan besok ya.....
In syaa Allah😊

    # kisah diambil dari buku Muhammad Teladanku jilid 9

Catatan tambahan

🍍Meneruskan Permusuhan🍍

Perang Bani Nadhir ini terjadi pada bulan Rabiul Awwal tahun ke 4 Hijriah (Agustus 625 M). Setelah terusir, Bani Nadhir pindah ke Khaibar. Dari sana, mereka meneruskan tindakan memusuhi kaum Muslimin dengan gigih.
Merekalah yang kemudian menghasut dan mendorong Quraisy mengerahkan pasukan yang sangat besar untuk menyerang Madinah.

# Muhammad shallallahu 'alaihi wassallam Teladanku
# ODOS                                     
# Siroh Nabawiyyah
# Spirit Nabawiyyah Comunity

No comments:

Post a Comment