Monday, June 18, 2012

Menunggu Tigapuluh Delapan Pekan


Oleh : Ida Nur Laila


Pada minggu ke 14 semua organ janin telah terbentuk. Sendi-sendi kaki dan tangan mulai berfungsi. Ia sudah memiliki kuku-kuku dan jari tangan dan kaki mungil. Matanya menjadi peka terhadap cahaya . Bayi bereaksi terhadap perubahan temperature dan dapat membedakan rasa manis dan pahit. Bayipun dapat melakukan kegiatan fisik internal seperti menelan. Otot-otot semakin berkembang dan rambut-rambut halus mulai tumbuh pada kulit kepala janin.  Ukuran bayi sekitar 12.5 cm dan anda dapat melihat perut istri anda mulai menggembung di banding waktu-waktu sebelumnya. Inilah saat  istri anda mulai kelihatan betul-betul hamil !
Minggu ke 18-19 kuku tangan dan kaki janin mulai mengeras. Puting susu dan alis janin juga mulai terbentuk. Pada akhir bulan lunar ke lima, organ internal hampir menyerupai posisi orang dewasa. Pertumbuhan otak sangat pesat, muncul lipatan-lipatan rumit di dalamnya. Sel syaraf yang telah ada sejak minggu ke tiga meningkat dengan cepat pada bulan ke dua, ke tiga dan ke empat.  Ibu  juga dapat merasakan bayi anda mulai cegukan. Ukuran bayi anda kira-kira 20 cm.

Memasuki minggu ke 22-23 janin sudah dapat membuka dan menutup kelopak mata., meski pupil mata masih terselubungi selaput. Lengan, kaki dan punggungnya mulai ditumbuhi bulu-bulu halus. Bayi mulai mempunyai masa tidur dan jaga tertentu yang dapat anda perhatikan. Selain detak jantung ibu dan suara-suara biologis internal lain, ia mulai dapat mendengarkan suara-suara dari luar rahim. Ia juga lebih peka terhadap sentuhan. Ukuran bayi saat ini sekitar 28 cm.
Pada 26 minggu setelah pembuahan, bayi anda berselimut lapisan pelindung tebal yang disebut vernix. Ia menendang lebih keras dan lebih sering . Berat badannya meningkat dua kali selama empat minggu terakhir. REM (Rapid Eye Movement)-nya dapat di deteksi. Dan bahkan ia mungkin mulai bermimpi. Ia juga lebih peka terhadap suara. Panjang bayi saat ini sekitar 30 cm.
Pada 30 minggu setelah pembuahan, paru-parunya telah menjadi matang dalam persiapan menghirup udara. Bayi sudah mulai menghisap jempol. Ia lebih panjang ( 40 cm) dan lebih berat, sehingga ibu harus berjalan dengan punggung ditarik ke belakang dan kaki agak mengangkang untuk menjaga keseimbangan. Pada saat ini bayi dapat bergerak mengikuti irama dan berespon pada musik tertentu.
Tiga puluh empat minggu setelah pembuahan, posisi kepala bayi mestinya sudah di bawah dan tidak punya ruang yang cukup lapang lagi untuk berputar-putar. Tendangannya sangat terasa dan istri anda mungkin dapat membedakan gerakan tangan dan kaki. Bayi bereaksi terhadap belaian dan suara-suaraayah dan ibunya. Tiga puluh delapan minggu setelah pembuahan, bayi sudah sempurna, kepalanya telah masuk ke panggul dan ia siap menyongsong kelahiran.
Fase pertumbuhan otak janin secara pesat terjadi pada minggu ke 15 sampai 20 dan minggu ke 30 sampai usia bayi 18 bulan. Oleh sebab itu para calon ibu penting memperhatikan usia-usia peka untuk memberikan rangsangan yang cukup pada saat tahap perkembangan otak ini.
Usia kelangsungan hidup janin dicapai pada bulan ke enam dan ke tujuh, artinya ketika janin terpaksa lahir pada bulan itu, kemungkinan dapat mempertahankan kehidupannya. Tentu saja kita selalu berharap dan berdoa agar bayi kita lahir cukup bulan, tidak premature dan tidak terlambat. Setelah cukup masanya ia tinggal dalam dunia kecil rahim ibunya, ia akan siap menyongsong dunia yang lebih luas melalui proses kelahiran.
Subhanallah tidak ada mesin manapun yang menandingi keajaiban rahim dalam  memproduksi manusia.....

No comments:

Post a Comment