Monday, May 5, 2014

Game Aman, Orang tua Nyaman, Anak Senaang...Mungkinkah?



“Umi, ini hari apa?” tanya Revo seringkali kalau ia lupa hari.
Aku tahu arah pertanyaannya, kalau pulang  sekolah dan ia bertanya demikian, artinya ia ingin tahu apakah boleh main game atau tidak.

Revo dan aplikasi anak cerdas

Di rumah berlaku aturan bahwa game time berlaku mulai Jumat sore hingga Minggu sore. Setiap anak maksimal 2 jam sehari. Biasanya mereka patuh menyangkut jatah harinya, namun seringkali ada toleransi dalam jumlah jamnya.

Musim liburan menjadi situasi yang lebih berat. Anak-anak menginginkan setiap hari boleh menyentuh game dengan dosis 2 jam perhari. Saat tak ada kegiatan keluarga atau keluar rumah, biasanya godaan untuk melanggar jumlah waktu akan lebih besar. Alasannya seringkali mereka lupa berapa jam mereka telah nongkrong di depan PC.

Itu baru menyangkut dosis, belum urusan formula atau konten. Halah kayak obat saja.
Formula atau konten game yang aman untuk anak?
Adakah?


Yah memang ada, tapi masih sangat minim. Saya melarang anak SMP dan SMA memainkan game perang atau kekerasan saat ada adiknya yang masih SD. Bahasanya: nggak boleh yang ada darahnya. Biasanya si kecil Revo akan menjadi pelapor kalau kakaknya melanggar.

“Umii, mas Amar main game yang berdarah-darah...!”
Jreng...jreng...lalu meluncurlah emak ini untuk memuntahkan nasehat dan larangan.

Para Bunda, adakah yang mengalami hal serupa denganku? Pusing tujuh keliling dengan selera para anak lelaki. Anak perempuanku tidak suka main game, tapi anak lelaki entah kenapaaa...

***


“Umi, kalau gamenya pelajaran...kata Ustadzah boleh sering-sering main...” berita baru dari Revo.
Haiyah apalagi ini...?

“Namanya apa Po?”
“Kata Ustadzah, anak cerdas gitu...”
“Oya, Umi lihat dulu...”

Mulailah saya berburu...daaan ketemulah ini!
Hmm sepertinya menjanjikan warna baru deh untuk alternatif acara nge-game Revo dan Difa.

video
Video dari sini

Ahh iya kenapa aku melupakan, bukankah sejak Si sulung masih SD, saya sudah akrab dengan CD interaktif. Zaman berubah, sekarang nggak perlu beli CD, makin mudah dengan cukup download gratis memakai tablet atau HP android. 

Rupanya Acer niih yang punya kepedulian seperti ini.
Sekalipun petunjuknya untuk gadget android, tapi anakku bisa saja mendownload di PC haha... pakai bluestack. Tapi dalam postingan ini saya cerita versi androidnya.

Ah tidak sulit bagi emak gaptek seperti saya, begitu menuliskan kata kunci Aplikasi Anak cerdas, keluar deh...
Niih tampilan awal:

Foto koleksi pribadi

Petunjuknya juga mudah banget, tinggal login pakai email atau facebook, mendaftar sebagai orang tua. Lalu juga menuliskan  profil anak. Saya memasukkan Revo yang kelas  1 SD dan Difa yang kelas 6 SD.

Foto koleksi pribadi
Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa dipasang di gadget kita, setiap aplikasi ada preview dan keterangan tentang berapa MB sehingga kita bisa memperkirakan kapasitas gadget kita untuk memuatnya.

Foto koleksi pribadi

Ada dua fitur utama: Dunia anak dan dunia tekno. Dalam dunia anak, ada dua aktivitas utama, yaitu Mari Bermain dan Latihan yuuk.
Mari bermain berisi puluhan aplikasi yang direkomendasikan termasuk E-Book, permainan dan konten edukatif. 

Saya mengintip Dongeng anak yang berisi 50 puluhan cerita menarik. Hihi jadi tambah banyak bahan dongeng sebelum tidur. Apalagi kalau dalam perjalanan, nggak perlu angkut banyak buku kesayangan Revo yang memenuhi bagasi.

Foto koleksi pribadi

Adapun Latihan Yuuk memuat empat mata pelajaran: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA yang sesuai dengan kurikulum pendidikan Nasional.
Masing-masing tersedia untuk kelas 1-6 SD dan berlevel.

Uniknya, anak-anak bisa melihat nilainya dan bahkan berkompetisi dengan anak lain dan mendapat hadiah.

Foto koleksi pribadi

Foto koleksi pribadi
Kulihat Revo dengan asyik duduk mengoperasikan latihan dari mapel matematika...dan senang sekali ketika ternyata nilainya 20. Untuk naik level hanya dibutuhkan nilai 16. Revo mencoba semua mapel. 

Walau perlu bantuan di Bahasa Inggris dalam mengeja, Revo senang sekali ketika meraih nilai 20. Beginilah belajar yang menyenangkan. Revo juga pintar mengajari teman kecilnya mengerjakan latihan matematika.


Foto koleksi pribadi
Giliran si Abang mengerjakan...haha sainnya lumayan sulit. Si Abang jadi nyari-nyari jawaban ke google gegara Umi nggak mau ngasih tahu kunci jawaban. So, dapat 20 juga...berkat bantuan google halah. Yaah minimal terpacu untuk ingin tahu. Kebetulan si Abang mau Uasda...sekalian latihan deh. Horee...latihan yang menyenangkan!

Dunia tekno mengajak anak mengenal dan berteman dengan teknologi dengan benar. Misal artikel tentang jurus anti pegal saat main tablet. Anak-anak perlu panduan seperti ini...(Sstt ...orang tua juga perlu hihi...).

Foto koleksi pribadi

Foto koleksi pribadi

Yang membuat orang tua merasa aman adalah adanya parental control yang dapat diaktifkan atau di non aktifkan dengan memasukkan kata sandi. Fitur ini menjadi kontrol untuk mencegah anak mengunduh aplikasi yang tidak sesuai dengan usianya. Orang tua dapat  juga memantau ragam aplikasi yang diakses anak, jumlah dan durasi pemakaian dengan laporan bulanan melalui email.

Kontrol aplikasi yang diunduh



Aplikasi ini secara gratis (...gratis tis maak!) dapat diunduh melalui Google Play Store. Dapat mengunjungi microsite www.anakcerdas.co.id. Aplikasi dapat diunduh melalui aneka tablet atau smartphone dengan syarat: 

1. Sistem operasi minimal 4.0 ice cream sandwich (ICS). 
2. Berukuran 4,7 Inchi atau lebih.
3. Ram 512 MB 
4. Kapasitas penyimpanan minimal 1 GB.


***

“Sekarang kalau Senin, Selasa, Rabu, Kamis...juga boleh main game anak cerdas kan mi..? Kan belajaarr...?” rajuk Revo.

Dan si Emak ini mengangguk-angguk. Aman...aman....
“Tapi gak boleh lama-lama ya... bisa radiasi...Trus syaratnya...di sekolah sempurna...”

Sempurna adalah kesepakatanku dengan Revo bahwa ia mengikuti semua acara di sekolah sejak pelajaran, makan, sholat hingga mengaji sampai selesai...tanpa acara melarikan diri ke taman pasir.

“Iya deeh...makasih umi...” 
Duuh senangnya dapat cipika-cipiki dari Revo.

Aplikasi anak cerdas disertai sentuhan kasih sayang 

Sekalipun saya percaya ada banyak cara dalam mendidik anak, namun dalam dunia tekno sekarang ini, kita tak bisa mencuci tangan dari intervensi gadget. Diantara cara berkompromi adalah dengan mengambil sisi positif dari teknologi untuk optimalisasi pendidikan anak. Tentu tetap mengedepankan etika, disiplin dan sentuhan kasih sayang orang tua.

Yuuk ayah bunda, segera unduh Aplikasi Anak Cerdas Acer untuk media bermain dan belajar yang menyenangkan dan aman. Terimakasih buat Acer yang mewujudkan game aman-menyenangkan buat anak dan bikin nyaman orang tua.


Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog aplikasi AnakCerdas kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia

28 comments:

  1. hehe.. bisa sih. tergantung game-nya aja. :D

    ReplyDelete
  2. Setuju Adit....udah unduh aplikasi anak cerdas kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belom, mbak. karena hape saya masih jadul. belum cukup cerdas.
      anak pun belum punya. niatnya nggak akan ngasih mainan virtual gituan. tapi yang real.

      Delete
    2. waah calon ayah yang hebat niih...semoga tercapai cita-citamu ya Adit. makasih udah mampir.

      Delete
  3. Makasih Mak inponya, langsung install nie

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip...anakku juga sukaa. semoga manfaat sebagai alternatif yang baik.

      Delete
  4. Saya juga udah Install mak, membantu banget saat belajar..anak saya kalau udah Denger kata belajar kaya anti banget...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi anak jaman sekarang ya maak...kalau anakku maniak belajar tapi juga maniak main game

      Delete
  5. anakku sudah install juga, mak Ida.
    Mau ikut nulis ini juga tapi idenya mandek, halah

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha mak ani, ideku juga tak peres-peres sampai kebawa mimpi

      Delete
  6. Aiiih asiknya Revo ngeloni mamahnya, bukan mamahnya yg ngelonin Revo ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi mamahnya lebih cepet tidur dari revo

      Delete
  7. sama ya mbak anak-anak dirumah boleh main game weekend aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, latihan disiplin dan mengendalikan diri.

      Delete
  8. anak sya juga suka aplikasi ini :)

    ReplyDelete
  9. hwaa.. bagus banget,... :D semoga sukses ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwaa makasih mak...cerita pengalaman saja haha

      Delete
  10. Aplikasi yang lengkap, seru, dan edukatif. Pasti semua anak suka aplikasi ini. Sukses lombanya, Mak. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kunjungannya mak Nia...amiin. sukses juga buat mak Nia

      Delete
  11. benar2 bisa bikin anak cerdas ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja maak...makasih udah berkunjung.

      Delete
  12. seru ya, aplikatif sekali untuk orgtua dan anak2 :)

    ReplyDelete
  13. bikin aman meminjamkan anak gadget ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya mak..makasih sudah berkunjung.

      Delete
  14. Naaah, kalau pake aplikasi ini si emak bisa dg tenang memasak di dapur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, bebas konten porno dan bebas dari adegan anti sosial.

      Delete