Monday, November 17, 2014

Bagaimana Berhenti dari Selingkuh?

Baru kali ini saya mendapat pertanyaan yang mengejutkan. Biasanya pertanyaannya adalah bagaimana menghentikan pasangan yang sedang berselingkuh atau menjaga pasangan dari perselingkuhan.

Rupanya dampak negatif kemajuan teknologi informasi telah menyuburkan praktek perselingkuhan.Beberapa kasus yang masuk kadang bermula dari pintu ini.

Kembali pada pertanyaan, tadi menurut pengakuannya, sulit bagi pelaku ini untuk keluar dari perselingkuhan setelah sepuluh tahun menjalani bahkan dengan orang yang berganti-ganti.
Saya sangat menghargai saat muncul titik kesadaran itu. Keinginan untuk berhenti.

Bagaimana caranya?


1. Mulailah dengan taubatan nasuha. Menyesali perbuatan itu dengan penyesalan yang sangat, mandi besar dan melakukan sholat taubat.
Takutlah pada balasan untuk orang yang melakukan kekejian seperti perzinaan atau mendekati zina. Mohon ampunlah kepada Allah.
2. Berhenti total dari perselingkuhan dengan memutus kontak melalui media apapun. Tidak kirim atau terima sms, Wa, BBM, putuskan pertemanan fb, twiter atau apapun. Gantilah no hp dll. Buang pula semua memori, foto, barang pemberian dll yang terkait selingkuhan.
3. Kembali mendekat pada pasangan anda, suami/istri dan anak. Fokuslah kembali membangun cinta dan kemesraan dengan suasana baru.
4.Jauhilah pergaulan yang bisa menjerumuskan ke arah perselingkuhan. Jaga adab pergaulan dengan yang bukan mahram. Ingatlah kehormatan diri dan keluarga serta masa depan anak-anak.
5.Jangan pernah menceritakan semua dosa yang pernah anda lakukan kepada pasangan anda. Jika pasangan terlanjur tahu, tak perlu anda ceritakan detailnya. Mintalah maaf dan menutup dengan lebih banyak berbuat baik pada pasangan anda. Menceritakan pada orang lain juga tidak selayaknya. Tutuplah aib anda dengan tidak lagi menceritakan.
6. Jagalah kebaikan diri dan keluarga dengan lingkungan yang baik, bergaul dengan orang baik, belajar ilmu agama dan meningkatkan ilmu dan amal.
7. Sibukkan diri dengan aktivitas positif seperti mengembangkan potensi, bisnis, hobi atau terlibat dalam proyek sosial. Lakukan bersama keluarga atau seijin pasangan anda. Jangan banyak menganggur yang memberi peluang setan menggoda anfa.

Semoga dimudahkan untuk menjauh dari perselingkuhan.
Jika bertaubat dengan taubatan nasuha, semoga Allah menerima taubat anda dan menutup aib anda di dunia maupun di akhirat.
Amin.

6 comments:

  1. Mudah2n kita dijauhkan dari perilaku maupun pelaku perselingkuhan ya mak. Aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin. jauh dari godaan yang meretakkan rumah tangga ya mak Diba.

      Delete
  2. aamiin wah dosa saya banyak ni bu... jadi sedih kalo inget smga Allah ampuni saya aamiin

    ReplyDelete
  3. Wal'yadzubillah mbak ida, semoga keluarga kami terhindar dari hal seperti ini.
    salam kenal mbak Ida, artikel di blog ini sangat-sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mbak. makasih sudah berkunjung.

      Delete