Tuesday, November 18, 2014

Resep Sambal Goreng Mak Nyus

Masakan paling enak

Diawal menikah dulu, suamiku berpesan :
"Belajarlah memasak sambel goreng pada ibuku"
"Emang apa bedanya dengan sambel gorengku?" tanyaku heran. 
Menurutku, sambel gorengku, ala ibuku sendiri tentu saja, sungguh enak.

Pada suatu kesempatan mudik, saya belajar pada ibu mertua tentang resep rahasia keluarga suamiku. Semua prosedur sama, semua bahan sama. Satu saja yang membedakan: tempe semangit.

Begitulah saya berusaha menyesuaikan selera suami.
Di rumah mertuaku, banyak masakan yang dibumbui 'tempe bosok'. Saya lebih suka dengan istilah tempe semangit.

Bobor, lodeh, oseng, sambel goreng, sayur gori, sayur lombok, oblok-oblok, bothok, bahkan nasi goreng. 
Apalagi sambel tumpang, bahan utamanya memang tempe semangit.

Anda para Istri, ingatlah bahwa salah satu cara menaklukan eh kok menaklukan, maksudnya meraih hati suami adalah dengan masakan kesukaan.

Dan ketahuilah bahwa selera suami sangat dipengaruhi oleh masakan ibunya. Itu kalau ibunya suka masak....hehe.

Maka belajarlah pada mertua, insya Allah sangat menolong kita mewujudkan kebahagiaan dalam keluarga.

Nih masakanku pagi ini yang bikin suamiku melek merem menikmatinya. 

Resep ini mirip saja dengan kebanyakan resep sambal goreng, keistimewaanya hanya satu: bumbu tempe semangit.

Bahan:
2 butir kentang ukuran sedang, cuci, kupas dan potong dadu kecil, tiriskan goreng matang sedang. Tiriskan.
10 potong krecek basahi dengan air panas. Tiriskan.
Santan kelapa 2 gelas.

Bumbu:
1.     Bumbu halus: 10 cabe merah besar, 5 bawang merah, 5 bawang putih, haluskan.
2.     Bumbu cincang: 5 bawang merah, 5 bawang putih, 10 cabe rawit, satu potong tempe semangit atau ukuran sekitar 10x10 cm. Iris-iris.
3. Bumbu dapur: 3 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk, 1 batang serai memarkan, 1 jari lengkuas, memarkan.
4. Gula garam secukupnya. 1 sdt ebi.penyedap bagi yang suka.

Cara memasak:

1. Tumis dengan minyak panas bumbu cincang hingga harum. Tambahkan bumbu halus, bumbu dapur dan bumbu lain. 
2. Masukkan kentang dan santan. Biarkan mendidih. Masukkan krecek hingga terendam. Didihkan.
3. Cicipi rasanya dan angkat.

Sambal goreng  siap dihidangkan untuk 10 orang.

Selamat mencoba....

4 comments:

  1. Assalaamuálaikum,

    Baru denger ada tempe semangit Bu Ida...he he kalau tempe biasa sih ada .Terimakasih sharing resepnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya sama2. Itu tempe usia h+1 atau h+2

      Delete
  2. wah jadi makin lapar aja ni bu ustadzah hehe

    ReplyDelete