Sunday, December 21, 2014

Nyalakan Passion Blogging bersama Qword

Passion blogging bagi blogger itu ibarat motor penggerak untuk terus memproduksi karya. Terkadang menyalakannya membutuhkan cukup banyak energi apalagi bagi blogger pemula dan blogger yang ngeblognya sampingan. 
Siapa tuh? #enggakngaku.

Qword menyajikan acara nan apik bagi yang ingin meningkatkan passion blogging.
Sabtu sore tanggal 6 Desember 2014 ini menjadi momen penting dalam hidupku #halah. Dicolek mak Indah Juli, saya dan anggota KEB Jogja rame-rame menyerbu acara passion Blogging yang diselenggarakan oleh Qword di Jogja Digital Valley.

Apa sih menariknya? 
Selama ini seneng sih curhat-curhat  lewat ngeblog, tapi apa iya mau curhat terus hihi.... Pastinya kalau curhatan bisa hasilkan uang  mau doong...? 
"Mau banget! "
Heh ada yang ngejawab.

Naah ini dia beberapa rahasia agar bisa mendulang uang lewat tulisan.


Ini nih rahasianya-dokpri.




Materi pertama adalah Blogging with Heart yang disampaikan emak keren Indah Juli. Mak Injul ini sudah malang melintang di dunia blogging sejak tahun 2003. Wow.

Jangan kaget jika blognya telah mengalirkan keuntungan finansial. Namun sebenarnya serius menjadikan blog sebagai pendulang rupiah sejak 2011. Rahasianya adalah menulis dengan hati. Pesan menariknya: jangan menulis untuk mengejar uang, tetapi menulislah dengan hati maka uang yang akan mengejarmu. Ahai.

Hihi ada fotonya nih sama mak Indah Juli-dokpri

Materi ke dua diisi oleh mas Agus Magelangan. Saya termasuk penyuka blog Mas Agus karena menghibur. Jika bete saya tengok-tengok blognya dan sukses bikin saya terkikik-kikik.

Eh ternyata bukan hanya mengundang tawa, tetapi kreativitas mas Agus dalam mengemas tulisan dengan gaya khasnya dan spesial editan fotonya mengundang banyak pengunjung hingga ratusan ribu bro! Foto-foto editannya tak jarang tayang di merdeka.com atau situs lain. Itulah diantara efek viral yg menarik banyak kunjungan.

Efek dominonya juga mengundang relasi dan mengundang uang. Mas Agus mendapat banyak tawaran termasuk menulis buku, mengisi acara seperti ini bahkan masuk TV. Alamak saya kalah sama mas Agus.

Banyak fans Mas Agus-dokpri

Dasyat ya apa yang dihasilkan dari ngeblog di kamar kolong atapnya. Selain ilustrasi menarik, gaya khas mas Agus disertai humornya yang lepas menjadikan pengunjung balik dan balik lagi menjadi folower.

Selain ilustrasi foto, juga ada lho blog yang meningkat statistiknya karena video Tapi saran mas Agus pilih saja yang sesuai dengan karakter blog dan potensi kita. Sessi kedua ini dipenuhi canda tawa karena gaya culun-culun kocak mas Agus.

Sessi ketiga juga luar biasa. Ada pakar SEO mas Tomi Purba. Beliau menerangkan beberapa tehnik SEO. Diantaranya dengan kata kunci dan membuat blog dummy untuk mendukung blog utama. Dari beberapa blog bayangan ini, dibuat backlink ke blog utama. Ini bagian dari usaha menaikkan rating.

Yuuk dicermati-dokpri

Eh, SEO sendiri singkat dari Search Engine optimation/optimalization. Yaitu, kegiatan untuk mengoptimalisasi blog agar masuk di halaman 1 Search Engine Result Page (SERP) atau menjadi no 1 di hasil pencarian dengan menggunakan kata kunci atau keyword tertentu.

Kata kunci yang dipilih harus sesuai dengan tema dan sebaiknya termuat di judul postingan. Selain itu juga muat di meta konten, isi konten dan alt image.
Tuliskan di dalam paragraf pertama dan ke dua. Minimal 140 kata pertama sudah mengandung kata kunci. Ada juga yang memuat kata kunci di paragraf pertama dan terakhir.

Tag title sebaiknya menggunakan keyword yang ditargetkan. Maksimal memakai 70 karakter untuk judul. Jangan lupa menggunakan kata atau kalimat yang menarik untuk meningkatkan jumlah klik pada artikel.

Mas Tomi juga menerangkan tentang Crazy Link Building yang cukup rumit dan bikin kita berdecak-decak. Yah konon efek viralnya bisi bikin banjir pengunjung. Duuh kapan ya blogku bisa demikian?

Mas Tomi Purba dan Crazy-nya dokpri

Tehnik SEO perlu ditetapkan terutama jika mendapat job review agar menaikkan kunjungan ke artikel tersebut dan efeknya akan menambah kepercayaan klien.

Yang jelas tak ada yang instan untuk meningkatkan SEO, yang dibutuhkan adalah terus menulis. Praktek, praktek dan praktek untuk menerapkannya.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab. Tanya jawab cukup menarik dan seru karena peserta memang beragam. Ada blogger yang sudah malang melintang dan langganan juara. Ada juga yang baru memulai.

Tetapi seperti pesan mas Tomi, dalam dunia blogging tak ada istilah blogger senior atau blogger pemula. Cukup blogger saja. Sepakat deh.

Foto bareng pembicara-dokpri

Banyak hal yang saya peroleh dari acara yang diselenggarakan oleh Qword ini. Alhamdulillah dapat ilmu dan juga dapat domain gratis. Masih dapat seminar kit berisi brosur Qword dan voucher diskon.

Eh karena sempat menjadi penanya, saya juga dapat doorprize boneka gantung imut dari Qword.

Sekarang tinggal praktek deh dengan semangat yang makin berkobar. Terimakasih Qword dan semua pembicara. Semoga tetap bisa terus menulis dengan hati...dan rupiah pun dollar mengikuti...amiin.

Namanya juga kangen-kangenan dan jumpa fans, jadi tak kulewatkan untuk mengabadikan momen kebersamaan. Foto-foto dulu!

Keren nih tempatnya-dokpri

12 comments:

  1. Wah...keren sekali acara yg diselenggarakan qwords.. Di Palembang kapan ya ada acara serupa? Mantap Mak info2nya...biar aku gak ikutan acara dimaksud tetapi bisa nyimak di sini.. makasih ya dan sukses selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, yuuk dipraktekin...semoga manfaat

      Delete
  2. Aduuuuh, itu fotonya... saya kok mendadak berasa jadi cakep ya... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe dikerubuti fans jadi cakep kali mas

      Delete
  3. Wis sempurna, dadi selebritis tenanan

    ReplyDelete
  4. yen entawang ono cah ayu.. agus mulyadi arep ngelamar wong ayuuu hahhaha

    ReplyDelete
  5. Tempo hari baca juga postingan tentang acara ini Mak, tapi di blog siapa kok ya lupa #keplak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak Lusi kali ya. beliau udah posting pertama.

      Delete
  6. wah la ini acara keren blogger jogja bakal lebih mantap dah ^-^.9

    ReplyDelete