Tuesday, September 22, 2015

Perintah Melaksanakan Zakat

ODOS#One Day One Siroh#
25 Agustus 2015

     Assalamu'alaikum warohmatullohi wabaarokatuh, salam jumpa dengan kami dalam rubrik odos yg kita cintai.
Alhamdulillah 'alaa Ni'aamillah,,was sholaatu wassalaamu 'alaa Rasulillah salallahu 'alaihi wasallam.
     Segala puji bagi Allah atas segala ni'mat dan karunia yang telah Allah berikan kepada kita semua,terutama ni'mat sehat,iman dan islam yang masih kita rasakan sampai saat ini.Sholawat dan salam selalu dan senantiasa kita sanjungkan kepada junjungan kita Muhammad rasululloh saw beserta para pengikutnya sampai pada kita semua,,,Aamiin
Kisah selanjutnya,,,,,,

  Perintah Melaksanakan Zakat 

Bagi orang2 yang tidak sedang sakit atau dalam perjalanan, tetapi dalam keadaan payah (seperti orang yang sudah tua atau ibu hamil) untuk mengerjakan shaum diperbolehkan untuk tidak melaksanakan shaum. Namun, mereka wajib menebusnya dengan memberi makan kepada orang miskin sebanyak hari yang ia tinggalkan (fidyah). Hak demikian adalah keringanan yang Allah berikan agar para hamba-Nya tidak merasa berat dalam beribadah.

Setelah menurunkan perintah shaum pada bulan Ramadhan, Allah memerintahkan kaum Muslimin untuk melaksanakan zakat fitrah setiap tahun. Dinamakan demikian karena tujuannya membersihkan setiap Muslim agar kembali pada keadaan fitrah (suci) pada penghujung bulan Ramadhan. Hasil zakat fitrah ditujukan untuk menolong setiap orang yang sedang menanggung kekurangan dan kesengsaraan. Pemberian itu dilakukan pada malam hari penghabisan bulan Ramadhan.

Pada tahun kedua Hijriyah, Allah memerintahkan kaum Muslimin agar mengeluarkan zakat harta setiap tahun. Tujuannya agar kaum Muslimin yang berharga terhindar dari rasa kikir. Harta zakat kemudian diberikan kepada para mustahiq, yaitu orang yang berhak menerima zakat. Ada 8 macam orang yang berhak menerima zakat, yaitu para fakir, miskin, panitia zakat, orang yang baru memeluk Islam, para budak belian, orang yang berhutang, orang yang sedang berjuang di jalan Allah, dan musafir yang kehabisan bekal di tengah jalan.


Demikianlah, semakin lama, ibadah kaum Muslimin pun semakin lengkap dan sempurna. Keadaan demikian semakin membuat hati orang2 Yahudi dan munafik bengkak karena rasa iri yang hampir meledak. Mereka sangat mengharap datangnya serbuan orang2 Quraisy dan sekutu2nya. Mereka ingin serbuan itu akan memusnahkan kaum Muslimin buat selamanya. Mereka menganggap ajaran Islam telah merusak kebebasan hubungan antara laki2 dan wanita. Demikianlah mereka bertanya dalam hati,"Kapankah pasukan Quraisy datang? Kapankah?"

Namun, sekali lagi  mereka dikejutkan oleh tindakan luar biasa Rasulullah. Sebagai pihak yang terancam dengan persenjataan dan jumlah pasukan di bawah kekuatan musuh, Rasulullah menganggap bahwa bertahan di Madinah bukanlah cara yang tepat. Strategi paling jitu justru adalah berangkat menyerang musuh!
Bagaimana kelanjutan kisahnya? In syaa kita lanjutkan besok ya...

           
    # kisah diambil dari buku Muhammad Teladanku jilid 7
Catatan tambahan

 Hak atas Kekayaan Orang Kaya 
Islam mengajarkan bahwa orang miskin mempunyai 'hak' atas kekayaan orang kaya dan menganjurkan orang kaya agar senantiasa memenuhi kewajibannya kepada orang miskin. Zakat adalah sedekah yang teratur kepada orang miskin yang dikeluarkan setiap tahun. Zakat menimbulkan kebahagiaan karena harta yang dimiliki telah halal.

# Muhammad sallollohu 'alaihi wasallam Teladanku
# ODOS                                     
# Siroh Nabawiyyah
# Siroh Nabawiyyah community

No comments:

Post a Comment