Wednesday, May 16, 2012

Inspirasi 7 : Merawat dengan Cinta


Oleh : Ida Nur Laila

Kami menanam bunga Kana di halaman belakang. Bunga itu kami beli dari penduduk, saat kami berjalan-jalan melintasi wilayang nDlingo dan Pathuk. Kami tertarik melihat keindahan bunganya yang berwarna oranye terang di sela-sela daun hijau. Bunga yang bergerombol sungguh indah. Saat musim kering, dan akan beralih ke muslim hujan, Kana berbunga lebat. Penduduk meletakkan ikatan tanaman bunga berumbi itu ditepi jalan. Dan orang-orang yang lewat seperti kami tertarik untuk berhenti dan membelinya.
Sudah sekitar 4 tahun sejak berbunga saat dibeli, Kana itu tidak pernah berbunga. Walaupun demikian, rumpun daunnya tumbuh subur. Kami menanamnya dalam pot-pot besar. Kupikir karena tanah dan cuacanya yang mungkin tidak cocok. Mungkin ia lebih cocok dalam udara panas gunung kidul dan tanah merahnya.Maka kusyukuri saja hijau daunnya yang tetap indah di mataku.

Ibuku senang sekali menyiram tanaman di halaman. Beliau sangat penyayang kepada tanaman, terutama di musim kemarau. Pagi dan sore selalu menyiram bunga-bunga dan pohon sayuran dan buah yang kami tanam, dengan selang air.
Pada suatu hari diujung muslim panas, saat hujan mulai turun kadang-kadang, ibu memanggilku ke halaman belakang.
“ Lihatkah bunga Kananya berbunga...indah sekali”
Aku takjub melihat kuntum-kuntum oranye itu mekar sebagian. Subhanallah sungguh indah.
“Mungkin cuaca panas ini cocok dengan di tempat asal tumbuhnya...” komentarku.
“ Aku yakin jika tanaman disirami setiap hari, dirawat dengan dzikir dan cinta...pasti akan berbunga...” kata ibuku.
Subhanallah, ibuku telah membuktikan keyakinannya. Ketulusannya setiap hari merawat tanaman dengan cinta, telah menunjukkan hasilnya. Dimusim kemarau ini, jika tidak ada cukup air, tanaman tentulah akan layu dan mungkin mati. Tetapi berkat ibu yang selalu menyiram dan mendoakan, maka perpaduan cuaca panas dan cukupnya air, menjadilah bunga-bunga Kana yang mekar indah.
Terimakasih ibu. Satu pelajaran telah kupetik sore ini. Merawat dengan cinta, akan membuat sesuatu berkesempatan untuk tumbuh, berkembang dan mekar indah. Kiranya demikian pula jiwa anak-anak kita jika kita selalu merawatnya dan menyiraminya dengan cinta...

No comments:

Post a Comment