Wednesday, May 16, 2012

Inspirasi 8 : Penghayatan


Oleh : Ida Nur Laila

Halaman belakang kami cukup luas. kami hiasi dengan aneka tanaman bunga. Aneka macam bunga tumbuh subur berbunga warna warni. Ada yang kuning, ungu, merah, oranye dan putih. Nampak indah saat musim bunga mekar. Ada yang berbunga sepanjang tahun.
Kami tanami dengan tanaman pangan seperti pandah hijau beraroma semerbak wangi. Tanaman cabe dengan daun lebat dan buah cabe yang kemerahan ranum. Aneka empon-empon seperti kunyit, laos dan kencur.
Kami tanami dengan pohon buah-buahan, mangga, pepaya dan jeruk. Diantara yang berbuah  cukup lebat adalah pohon mangga. Dahan dan rantingnya rimbun menjulur, walaupun belum ada 5 tahun kami menanamnya. Buah mangga bergelantungan  di ujung ranting.

Hamparan rumput hijau tumbuh disela-sela jalur jalan kaki yang sengaja kita buat untuk fungsi dan keindahan.  Dalam kolam, ikan koi  berukuran besar berenang-renang riang. Jika senja menjelang, cahaya kuning dan langit lembayung seolah menyempurnakan limpahan keindahan.
Setiap pagi dan sore, ibu menyirami dan merawat halaman belakang. Menikmati aktivitasnya, ibuku sering mengatakan:
“Beginikah gambaran surga, taman yang indah dan buah-buahan yang menjulur dapat kita sentuh...”
Aku tersenyum membayangkan semua itu. Ibuku yang penuh penghayatan. Subhanallah, hatinya senantiasa terkait dengan surga.
Maka dalam hati aku bertanya : Apakah aku selalu menghubungkan surga ketika menikmati  keindahan  dengan mataku ? Allah karuniakan nikmat mata, nikmat alam sekitar, adakah aku bersyukur  dan termotivasi untuk melihat yang lebih indah di surganya nanti?

No comments:

Post a Comment