Monday, January 27, 2014

Menjadi Finalis 50 besar #SB2014

Assalamu’alaikum para emaks yang keren, akhirnya dipanggil jury untuk giliran promo...oke deh dicoba.
Bismillah, bagian pertama ini kuberanikan diri berdiri di depan kelas  #50FinalisSB2014 untuk memperkenalkan diri. Nama emak dari pelosok desa Bantul ini : Ida Nur Laela. Itu nama asli pemberian ayahku. Nama pena dan dumay Ida Nur Laila, pemberian suamiku, katanya biar lebih keren hihi...


Saya terlahir 47 tahun yang lalu, tepatnya 19 Desember 1967...sudah STW ya alias setengan tuwa, yang penting semangat muda selalu. Menikah dengan kakak tingkatku sendiri Cahyadi Takariawan yang super baik wonderful husband, dan dikarunia setengah lusin anak, 3 putra, 3 putri. Anak-anakku terutama si bungsu adalah inspirasi tulisan-tulisan dan status fb saya.

Sejak gempa DIY, kami sekeluarga beserta ibu saya, menempati rumah beralamat di Mertosanan Kulon, Potorono, Banguntapan, Bantul bersama dua ekor kucing, seekor burung, beberapa ikan dan seekor monyet. Di rumah kami sengaja menyediakan paviliun yang digratiskan untuk para tetamu dan klien yang konsultasi. Para peserta  #50FinalisSB2014 dan warga KEB terutama para makmin, silahkan jika berkunjung ke Jogja menginap di rumah saya. Bisa untuk sekeluarga, berlibur, berbulan madu juga oke, konsultasi juga oke. Kalau rombongan sekampung bawa bus juga boleh, tempat parkir ada, tapi tidurnya berjajar di garasi seperti ikan bandeng hihihi....yang penting konfirmasi dulu nanti juga gratis saya kelilingin Jogja tujuh keliling tanpa pusing.

Aktivitas sehari-hari ibu rumah tangga, antar jemput si bungsu dan juga apoteker, trainer dan sekarang pengin serius jadi blogger. Mulai mengenal dunia blogging karena dibuatkan blog oleh suami untuk memuat cerita pengalaman haji-mohon doa cerita haji ini sedang proses oven di penerbit-, lalu berlanjut dengan tema-tema yang bervariasi. Awalnya angin-anginan tapi berkat bergabung dengan KEB jadi bersemangat ngeblog. Saya tulis ini di http://ida-nurlaila.blogspot.com/2013/11/semua-gara-gara-keb.html

Punya lapak di Kompasiana, namun belum bisa aktif banget, mungkin benar ya bahwa tak mungkin kita memborong semua hal, saat fokus pada tempat tertentu, maka ada tempat lain yang kurang mendapat perhatian #hiks mengakui kelemahan diri. Kedepan inginnya juga bisa menoleh lagi ke kompasiana.

Saya punya beberapa akun fb. Akun utama Ida Nur Laila, sudah lama full, maka saya buat Ida Nur Laila II dan Ida Nur Laila III. Ternyata ketahuan jadi dua itu terblokir dan saya buat akun cadangan Nur Layla. Bagi manteman yang belum bisa temenan bisa kirim ke Nur Layla atau like di page Ida Nur Laila...hihi sok beken bikin page segala.

Beberapa waktu yang lalu saya memulai blog ke dua beralamat di http://apotekida.blogspot.com/ bertajuk : SELALU ADA OBAT
SERBA-SERBI TENTANG KESEHATAN KELUARGA DARI SISI FISIK, PSIKIS MAUPUN MENTAL SPIRITUAL. 
Baru berisi beberapa artikel. Ini adalah salah satu minat saya, karena saya seorang Farmasis. Kedepan saya ingin lebih banyak lagi berkontribusi pada dunia ini. Tulisan disini menjadi lebih berat karena rujukan ilmiah yang harus benar-benar valid. ....kalau cerita perjalanan kan kadang bisa tanpa referensi... hihi jadi 15 menitpun bisa jadi satu artikel. Ya nggak mak? #pengalaman pribadi.

Ini bagian saya, organisasi  dan lingkungan
Sejak kecil saya suka beraktivitas. Misal panjat pohon...eh bukan maksudnya berorganisasi. Jadi pimpinan regu pramuka, trainer di PMR dan juga saat mahasiswa berkecimpung di berbagai organisasi. Maka saya rajin pula beternak organisasi. Mengawali beberapa yayasan, diantaranya yayasan pendidikan, lalu beralih sekarang fokus di dua lembaga. Sekarang kalau berkenalan dimanapun saya hanya menyampaikan bahwa saya aktif di JFC (Jogja family Center) dan BBM (Balai Belajar Masyarakat. Di BBM saya mengangkat diri menjadi direktur hihi...membina pengajian ibu-ibu dan pemberdayaan ekonomi pada sekitar 40 orang warga kampung yang kurang mampu. Jika ada bencana, kami juga melakukan penggalangan dana dan bantuan seperti saat gempa Jogja dan erupsi merapi beberapa waktu yang lalu. Maka sungguh saya senang KEB juga peduli dengan bencana nasional banjir.

Pencerahan menuju Wonderful family dilakukan bulanan melalui pengajian PERMATA alias Pernik-pernik Rumah Tangga yang biadanya dihadiri 100-150 orang. Tentang BBM ini pernah saya buat artikelnya di http://ida-nurlaila.blogspot.com/2013/11/bbm-mertosanan.html.

Aktivitas yang cukup menyita adalah mengisi seminar, pengajian dan pelatihan. Terakhir saya tampil hari Ahad tagl 26 Januari 2014 kemarin di gedung Giri Cahaya Kabupaten Wonogiri atas undangan sebuah organisasi dan dihadiri komunitas pengajian sebanyak 1500 orang dari seluruh pelosok kabupaten. Terharu melihat mereka berbondong naik bus demi menghadiri seminar Wonderful Family. Jadwal acara terkait pelatihan keluarga dan seminar saya muat di http://ida-nurlaila.blogspot.com/2014/01/info-acara-cahyaditakariawan-nur-laela.html. Semoga sempat mengupdate setiap bulannya agar saya dan emak blogger di manapun juga bisa ketemuan melalui kopdar di kota masing-masing.

Dunia blogging dan status FB maupun Page yang saya buat, adalah bagian dari merambah dunia yang lebih luas dalam rangka mengkampanyekan keluarga yang samara alias Wonderful family. Menyadari bahwa langkah kaki kami terbatas, waktu kami harus berbagi dengan keluarga saya sendiri agar tetap melangkah seimbang, sehingga terlalu banyak permintaan yang kami tolak, seringkali daftar tunggu sampai 2-3 bulan untuk kami hadir dalam sebuah acara. Melalui tulisan di dumay dan buku yang diterbitkan, kami berharap lebih banyak lagi orang yang mengakses. Sebagai contoh untuk pertamakalinya tulisan saya http://ida-nurlaila.blogspot.com/2013/11/selingkuhnya-para-hp.html tembus diakses lebih dari 20.880 orang. Alhamdulillah saya bersyukur, insya Allah semua itu karunia Allah yang menunjuki saya untuk bergabung dengan KEB@Emak2Blogger dan beberapa komunitas yang lain.

Tema lain yang saya minati adalah parenting. Saya menulis beberapa buku, ada yang berdua dengan suami, ada yang bersama empat teman lain. Buku yang saya tulis sendirian baru satu judul: Menyayangi Anak Sepenuh Hati. Mohon doa ada dua buku yang sudah proses di penerbit dan sekarang sedang menyiapkan draft Wonderful Wife.

Terinspirasi dengan KEB, saya memulai komunitas menulis untuk pemula, dengan alasan, tidak semua teman saya sudah punya blog jadi belum PD ketika saya undang bergabung di KEB. Walaupun saya masih terus belajar menulis, namun banyak teman yang meminta untuk saya temani belajar menulis, nah itulah alasan saya membuat komunitas baru. Jauh sebelumnya saya juga sudah bergabung di komunitas menulis sebuah penerbitan menjembatani teman-teman yang ingin menerbitkan tulisannya. Oya teman-teman KEB yang belum punya akses ke penerbit, bisa saya bantu hubungkan untuk menawarkan karyanya pada penerbit tertentu yang saya punya akses kemudahan.

Saya selalu memotivasi siapapun, mahasiswa, para guru, ibu rumah tangga untuk mencoba dunia penulisan. Dunia sampingan yang sungguh besar manfaatnya, selain sebagai terapi jiwa, ada efek finansial dan kegembiraan yang luar biasa karena bisa membawa kita merambah ke berbagai pelosok Indonesia. Tentang ini juga pernah saya muat di http://ida-nurlaila.blogspot.com/2013/10/keliling-indonesia-gratis.html. Saya doakan semua emak #50FinalisSB2014 bisa keliling dunia dan memperluas kontribusi di bidang fokusnya masing-masing, amin.

Tangerang selatan ahad, 19 Januari 2014 
Dunia lainku adalah sebagai konselor. Karena saya bukan lulusan psikologi, atau BK atau prikiater maka saya termasuk konselor sosial alias juga tidak berbayar. Alhamdulillah saya tidak merasa rugi menghabiskan waktu dan pulsa untuk menerima curhatan dan mencari solusi dari banyak keluarga yang bermasalah. Turut gembira dan bahagia jika bisa membuat rujuk mereka yang sudah diujung tanduk bahkan sudah bulat akan bercerai atau sudah pisah ranjang. Tetapi ada juga mak yang gagal didamaikan...namanya juga usaha hiks. Maka kami melakukan upaya prefentif dengan menawarkan paket seminar pranikah dan training untuk keluarga yang belum parah problemnya atau yang bahagia sekalipun. Saya juga biasa mengisi TFT untuk yang berminat menjadi konselor sosial. Saya yakin semakin banyak yang berkecimpung di bidang ini, maka kualitas keluarga di Indonesia akan semakin baik. Kebahagiaan meningkat dan konflik, KDRT maupun perceraian menurun. Beberapa kasus menjadi inspirasi untuk bahan tulisan, tentu dengan saya samarkan siapa personnya atau detail kasusnya. Hehe jadi jangan takut berkonsultasi dan khawatir kasusnya menyebar.

Menjadi konselor adalah pendewasaan bagi saya pribadi agar selalu sadar untuk menjaga kualitas keluarga saya pribadi. Saya doakan semua keluarga #50FinalisSB2014 dan para emak anggota KEB menjadi wonderful family dunia akhirat. Bagi yang masih lajang segera menemukan jodohnya yang terbaik dunia akhirat. Bagi yang belum punya putra dimudahkan untuk segera diberi keturunan yang sehat dan salih. Bagi yang sudah beranak pinak...diberi kemudahan mendidik anak menjadi anak salih yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan agama, amin. Semoga semua saja terjaga dari godaan dan gelinciran, di dunia nyata maupun dunia maya, amin...hihihi jadi acara berdoa ya mak! Ayo semua mengaminkan.

Terakhir mak, melalui ajang #SB2014 dan terseret masuk di #50FinalisSB2014 adalah sesuatu banget bagi saya. Maklum saya belum ada setahun gabung dengan KEB dan belum ada prestasi yang bisa dibanggakan, belum mengenal para anggota dan kadang terkendala waktu untuk aktif di grup. Namun motivasi saya adalah terus belajar, belajar dan belajar kepada para emak sekalian. Agar saya semakin piawai, makin semangat dan bisa menularkan lagi kepada yang membutuhkan. Kalau ditanya prestasi...aduuh jadi malu, karena baru satu yang bikin saya bangga ketika jadi pemenang kedua blog contes Acer dan KEB. Kemudian pernah sekali saja menang GA. Ke depan berharap bisa partisipasi di banyak lomba dan bawa pulang hadiahnya yang seringkali menggiurkan.

Dihadapan 800 Orang Tua Murid SDIT AL-Fatih TangSel
Dengan mengikuti #SB2014 saya juga berkesempatan mengenal lebih jauh sesama #50FinalisSB2014 dan belajar dari kehidupan dan aktivitas mereka yang sungguh menginspirasi.  Semoga ajang ini betul-betul bermanfaat dan menjadi sarana kebaikan dan kontribusi untuk negara kita tercinta khususnya kaum perempuan. Alhamdulillah, terimakasih untuk kesempatan ini dan mari terus bergandengan tangan saling dukung dan menginspirasi dengan semua cinta yang kita miliki.
Terimakasih. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


12 comments:

  1. makasih mak Hanna, saya juga dukung mak Hanna dan perhatiannya pada keselamatan bumi

    ReplyDelete
  2. Hummmm... *buang nafas panjang*
    Akhirnya selesai baca dari awal sampai akhir, kepanjangan soalnya tapi pengalamannya benar-benar memberikan inspirasi untuk saya.

    Ngomong2, Kalau saya mampir ke jogja, boleh juga dong mbak dapat tempat nginap gratis :)

    Kunjugan perdana mbak sekalian follow, salam kenal dari Makassar.

    ReplyDelete
  3. makasih kunjungannya, salam kenal boleh banget silahkan mampir asal konfirmasi dulu.

    ReplyDelete
  4. Luar biasa, Mak Ida! Sukses terus yaaa. :)

    ReplyDelete
  5. Sukses Ya Mbak Ida...heubat euyyyy

    ReplyDelete
  6. makasih kunjungannya mak alaika abdullah, mohon bimbingan selalu masih banyak melongo untuk urusan perblogingan. doanya ya mak fitri anita. menang atau tidak, yang penting memborong ilmu, semangat dan persaudaraan.

    ReplyDelete
  7. mantaaap maaak..seneng bacanyaaa....banyak pelajaran yang didapaaat....sukses ya maak..

    ReplyDelete
  8. makasih kunjungannya mak indah Nuria...saling doa ya mak.

    ReplyDelete
  9. Akhirnya selesai juga ngebacanya. Aih panjang nian tulisannya Mak. Semoga sukses buat Mak Ida Nur Laila

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anita aku gak bisa nulis pendek...maklum tergolong emak cerewet...hihi

      Delete