Friday, February 21, 2014

Saya dan Ajang Srikandi Blogger 2014.

Teman-teman, saya mencoba membuat review tentang ajang Srikandi Blogger. Kenapa?

Ya dong, kan saya sudah melangkah sejauh ini dalam Ajang SB 2014. Setelah lolos menjadi 50 finalis SB2014, melangkah ke tahap selanjutnya. Menjadi salah satu dari 10 calon SB2014 adalah anugerah tak terduga dari acara ngeblog. Oleh karenanya saya mencoba memahami dan mensosialisasikan tentang ajang ini.

Banyak rekanku yang bertanya, apa itu KEB? Apa itu Srikandi Blogger?
Kira-kira bisa langsung menjawab atau pake mikir dulu ya?!


Oke, saya bedah nih. KEB adalah singkatan dari Kumpulan Emak Blogger. Diskripsinya: Kumpulan Emak Blogger adalah komunitas blogger perempuan Indonesia, tempat berbagi inspirasi, informasi, motivasi, dan karya melalui blog.

Menilik namanya, maka anggotanya adalah para perempuan, baik lajang maupun menikah dan harus memiliki blog tentunya.
Adapun profil KEB saya kutipkan dari web
Profil singkat Kumpulan Emak Blogger
Kumpulan Emak Blogger  atau yang biasa disebut KEB adalah komunitas blogger perempuan Indonesia. Anggotanya terdiri dari ribuan blogger perempuan dari berbagai komunitas blogger Indonesia, baik yang berdomisili di dalam maupun di luar negeri.
KEB digagas oleh emak blogger Mira Sahid pada tanggal 18 Januari 2012 melalui laman group Facebook dan dalam waktu 1 hari 100-an lebih blogger perempuan, baik yang masih aktif ngeblog maupun tidak, bergabung di group ini. Member KEB secara rutin saling berbagi inspirasi, informasi, motivasi dan karya melalui blognya masing-masing dan berdiskusi di Facebook Group KEB.
Selengkapnya lihat di sini.

Hingga hari ini, pertengahan Februari 2014, member KEB ada 1484 orang. Jika aktif mencermati grup FB KEB, setiap hari ada saja wajah baru yang hadir menjadi anggota KEB.
O ya bagi yang berminat gabung, bisa melihat cara gabung di sini.
KEB mulai dikenal luas melalui pemberitaan media cetak dan radio. Untuk melihat tentang ini bisa dilihat di sini.

Lantas ajang pemilihan Srikandi Blogger? Apaan tuh?
Eh jangan dikira ini sama dengan ajang pencarian bakat, atau pemilihan putri-putrian, termasuk pemilihan Miss internet. Bukaan.
Sejak semula peserta tak pernah diminta mengirimkan data yang bersifat fisik seperti foto diri, harus cantik apa enggak, harus usia sekian atau sekian, tidaak. Buktinya tuh, tahun kemarin ada bunda Yati Rahmat yang terpilih menjadi Blogger dengan Lifetime Achievement. 

Cara pemilihannya sungguh unik karena ada kompetisi tertutup dan terbuka. Apa itu tertutup, eh ini versi saya ya, maaf Makpan dan Makjur kalau tidak tepat, mohon diluruskan.

Begini tertutupnya: untuk menjadi peserta ajang ini, peserta harus menuliskan tentang profil diri dalam email yang dikirim ke panitia SB2014. Nah tentu juri punya cara untuk memilih 50 besar finalis SB2014. Setelahnya ada masa kampanye, penugasan dan keaktifan interaksi.

Diantaranya adalah membuat postingan tentang perempuan dan internet. Postingan saya bisa dilihat di sini. Adapun kampanye melalui FB dan twitter.
Begitulah semua prosesnya berjalan, seru dan haru dinikmati, kini sampai tahap 10 calon SB2014.

Adapun sejarahnya, penganugerahan Srikandi Blogger pertama diadakan pada bulan April 2013 di
Inilah para pemenang SB 2013 dapat dilihat di sini.

Emak keren Alaika Abdullah terpilih menjadi penoreh sejarah Srikandi Blogger pertama. Selamat ya mak Alaika.

Sekarang sudah ada daftar nama untuk 10 calon SB2014. Bisa dilihat di sini.
Mohon doa restu agar saya dapat menjalani proses selanjutnya dengan sebaik-baiknya. Agar dalam setiap prosesnya ada bagian berkah dan kemanfaatan bagi saya pribadi, keluarga, KEB dan dunia blog.


Oya jika ingin tahu postingan artikel tema perempuan dan internet silahkan lihat di sini.



28 comments:

  1. baarokalloh mak,sukses untuk 10 besarnya :D

    ReplyDelete
  2. Siip,bagus, begitu juga link-link bersangkutan yang disajikan, berhasil memberikan info bagi merreka yang belum tahu atau belum sama sekali membaca, apa itu KEB, SB atau yang lainnya. Gak nyesel deh ngejagoin si emak ca-em ini jadi 3 jagoan bunda. Mudah2an 3 3nya jadi jawara di SB14. Insya Allah. Mau bertaruh, hehe..gak ilok kalo taruhan, tebak2an aja dweh ya. Ini tebakan bunda nih MBFINLCA. Nah, tebak ndili lah yaww.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh senang bunda berkunjung ke rumah saya. tebak-tebakannya buda ada-ada saja ...kalau benar saya kasih hadiah deh hihi

      Delete
  3. banyak yang kmrn vote mak ida kayaknya semoga sukses ya mak jadi SB 2014 hihi

    ReplyDelete
  4. Go to the next Srkandi Blogger 2014 Mak Idaa...... !!! Sukses Mak ! Gak kebayang sebelumnya, kenal dirimu Mak, yang inspiratif, maem bakso berdua, dan maen ke rumahmu...bener2 amazing !

    ReplyDelete
  5. Barakallah... Semoga lancar melenggang smp dinobatkan jd srikandi blogger Mbak... Semangaaaatttt :)

    ReplyDelete
  6. mak Idaaa...aku dukung mak Ida utk jadi 3 besar yaa, mudah2an menang mak juara 1, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin...saya ngglundung saja jadi apapun yang penting manfaat dan berkah...

      Delete
  7. Bawain pom-pom buat Mak Ida. Sukses melangkah ke tahap berikutnya mak ^^

    ReplyDelete
  8. Semoga sukses ya Mak diajang Srikandi Blogger 2014... Mudah2an aku bisa ketularan pada even tahun berikutnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. okke makasih tak doain mak rita tahun depan makin sukses...mulai sekarang lebih perhatikan kualitas dan fokus tulisan mak

      Delete
  9. semoga sukses ya mak dalam ajang SB2014 ini... doa dan dukungan untuk mak ida siap dilayangkan... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak Utari. tolong kirim ulang via Twitter no rek biar saya gampang nyarinya. besok pagi saya sempatkan ke atm. afwan.

      Delete