Tuesday, June 24, 2014

Molor yang Tidak Memuaskan



Pernahkah anda mengikuti seminar?
Pernahkah anda memperhatikan berapa lama durasinya para pemberi sambutan?

Versi panitia menyusun acara memang beragam. Kadang mengherankan juga.
Pernah suatu ketika, kami hadir ke sebuah kota kabupaten. Bersiap mengisi seminar yang diadakah oleh sebuah lembaga. Undangannya jam 8-12. Kami dijadwalkan mulai mengisi jam 9, setelah ceremonial pembukaan.
Hingga jam 9.30 acara belum dimulai. Konon karena menanti bapak Bupati yang belum hadir. Protokoler mengharuskan acara dimulai setelah bapak Bupati hadir.


Dulu, saya kadang negosiasi dengan panitia, meminta agar acara dimulai saja dan nanti dibreak ketika bupati hadir. Saya khawatir target materi yang saya bawakan tidak terpenuhi.

Namun kini saya kurang bersemangat untuk mengajukan usulan semacam itu. Jadi saya duduk manis mengobrol dengan pembicara lain atau tamu undangan lain. Kadang juga mengetik. Alhamdulillah interaksi informal itu seringkali sangat bermanfaat untuk saya menggali lebih banyak informasi tentang suatu daerah, suatu topik atau belajar dari pribadi seseorang.

Adapun tadi, akhirnya bapak Bupati hadir jam 10.15. Lalu beliau memberikan sambutan panjang kali lebar hingga seremonial selesai jam 11. Nah jatahku dan seorang pembicara lain, hanya 2 jam bagi berdua masih ditambah tanya jawab.

Hmm anda bisa bayangkan, siapa yang merugi.
Saya sedih walaupun honor saya tetap dibayar penuh, sekalipun waktu bicara diskon hingga 50%. Namun saya merassa tak cukup membekali atau mencerahkan peserta. Setelah jauh-jauh menyeberang pulau.

Benar-benar molor yang tidak memuaskan.

27 comments:

  1. Sepertinya molor sudah menjadi budaya ya Mbak? Susah menepati waktu saat acara digelar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa...repotnya kalau yang molor pejabat....semua kena

      Delete
  2. Budaya Indonesia banget ;) jam karet hiksss

    ReplyDelete
  3. itulah kebiasaan yang terkadang dianggap sudah menjadi budaya...sungguh sikap yang tidak patut ditiru,..tidak menghargai waktu,,,apalagi bagi seorang bupati..terlebih lagi panitia...sebenarnya ini acaranya bupati atau acaranya panitia....
    keep happy blogging always,,,salam :-)

    ReplyDelete
  4. kadang kalau harus mendiskon materi itu adalah hal yg sulit ya, mak:)

    ReplyDelete
  5. Pas baca judulnya, kirain molor tidue, Mak hehe. Kalau molor ngaret itu memang bikin sebal, jadi gak produktif

    ReplyDelete
  6. itulah maka penting sekali kita untuk membuat makalah, supaya materi yg tdk tersampaikan secara lisan bisa dipahami sendiri di rumah. sayangnya banyak pembicara yg bukan penulis, bu ida pengecualiannya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya suruh akses blog saja....makasih ya happy blogging

      Delete
  7. huaaaa.... males banget ikut acara yang molor sampai berjam-jam gini.
    baru tahu niih, pandangan dari sisi pengisi acara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. naah kadang bisa jadi satu artikel...

      Delete
  8. jadi inget ada yg bilang begini sama saya: jadi orang Indonesia jangan berani2 datang tepat waktu. bisa2 kita molor (ketiduran) beneran di tempat acara karena nunggu yang lain gak datang2 hehehe........

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. sekarang sudah tahu caranya agar tidak bete mak...nikmati dengan mengobrol dan nulis artikel. makin molor makin banyak karya

      Delete
  10. kebiasaan jam karet maish membudaya aja. Sangat disayangkan ya, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa sayang banget, banyak kesempatan terbuang masal mak

      Delete
  11. Kayaknya seremonial di beberapa acara itu mesti dipangkas yah Bu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya deh, atau jangan panjang-panjang ceramahnya...nanti jadi banyak pembicara

      Delete
  12. Mbk Ida, pertama saya ucapkan $elamat telah memang pada GA Hape pertama :)
    Kedua, walau molor tetapi honor saya tetap dibayar penuh ... tetapi mbk kan sudah penuh jamnya duduk di tempat seminar itu ... itulah jam karetnya pemerintah, :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh saya menang ya...yuhuu sampai ketinggalan info. makasih telah berkunjung

      Delete
  13. Ralat mbak Ida : ..... $elamat telah MENANG pada GA Hape ..... :)

    ReplyDelete