Saturday, March 12, 2016

Assaja'ah

Assalamu'alaikum.
Renungan pagi.

Apakah itu Syaja'ah ? 

Sahabat dan Kerabat, tentunya hanya sedikit diantara kita yang sudah tahu tentang arti dan makna dari kata Syaja'ah ini. 

Secara bahasa, Syaja'ah adalah benar atau gagah. 

Secara istilah, Syaja'ah adalah keteguhan hati dan kekuatan pendirian untuk membela dan mempertahankan kebenaran secara bijaksana dan terpuji. 

Secara umum, Syaja’ah adalah keberanian (dari seseorang) yang berlandaskan kebenaran yang dilakukan dengan penuh pertimbangan.

Sahabat dan Kerabat, seperti apakah kiranya Syaja'ah ini ? Ini dia beberapa contoh diantaranya :  

1. Keberanian untuk ber-Jihad Fii Sabilillah (mengahadapi musuh dalam peperangan).  

Allah SWT. berfirman : “Hai orang–orang yang beriman, apabila kamu bertemu dengan orang kafir yang sedang menyerangmu, maka janganlah kamu membelakangi mereka (mundur). Barang siapa yang membelakangi mereka diwaktu itu (mundur), kecuali berbelok untuk (siasat) perang atau hendak menggabungkan diri dengan pasukan yang lain, maka sesungguhnya orang itu kembali dengan membawa kemurkaan dari Allah, dan tempatnya adalah neraka Jahannam. Dan amat buruklah tempat kembalinya”. (QS. Al-Anfal : 15 - 16).

2. Keberanian untuk menyatakan kebenaran (kalimah al-haq) meskipun itu dinyatakan didepan penguasa yang dzalim.

Rasulullah SAW. bersabda : "Katakanlah kebenaran walaupun itu pahit". (HR. Ahmad No. 24.668).

3. Keberanian untuk mengendalikan diri tatkala marah sekalipun mampu melampiaskannya.

Rasulullah SAW. bersabda :  “Bukanlah yang dinamakan pemberani itu orang yang kuat dalam bergulat. Sesungguhnya pemberani itu adalah orang yang sanggup menguasai dirinya diwaktu marah”. (HR. Bukhari dan Muslim).

4.  Keberanian untuk menginstrospeksi dirinya sendiri dan mengakui kesalahan yang telah diperbuatnya.

Rasulullah SAW.bersabda : "Setiap anak Adam (manusia) berbuat kesalahan dan sebaik-baiknya orang yang bersalah adalah yang bertaubat". (HR.Tirmidzi).
...
5. Keberanian untuk menundukkan jiwa agar tetap tegar dan teguh, disaat berhadapan dengan kesusahan atau musibah. 

Rasûlullâh SAW. bersabda : “Sungguh mengagumkan keadaan seorang mukmin, semua keadaannya (membawa) kebaikan (untuk dirinya), dan ini hanya ada pada seorang mukmin. Jika dia mendapatkan kesenangan, dia akan bersyukur, maka itu adalah kebaikan baginya, dan jika dia ditimpa kesusahan, dia akan bersabar, maka itu (juga) adalah kebaikan baginya". (HR. Muslim No. 2999).

Subhanallah.

Sahabat dan Kerabat, Syaja'ah ini bukan berarti keberanian dengan nekad, ngawur atau tanpa perhitungan dan pertimbangan, tetapi Syaja'ah adalah keberanian yang didasari dengan pertimbangan yang matang dan penuh dengan perhitungan, dengan maksud untuk meraih ridho Allah SWT.  

Syaja'ah juga bukan sesuatu yang bersifat fisikal semata, seperti beradu, bergulat dan berperang saja, tetapi Syaja'ah bisa juga mengandung arti keberanian dalam menaklukan amarah, hawa nafsu, kedzaliman, penindasan, kesewenang-wenangan, ketidak-adilan dan lain sebagainya. 

Sahabat dan Kerabat, itulah beberapa contoh tentang Syaja'ah. Semoga kita bisa melaksanakannya. Kalau kita belum bisa melaksanakan semuanya, minimal kita bisa melaksanakan sebagian besar diantaranya.

Semoga dengan itu, kita akan bisa mendapatkan hikmah, berkah, pahala dan keutamaannya.

Aamiin Yaa Rabbal'alaamiin

No comments:

Post a Comment