Thursday, June 12, 2014

Agar Anak ‘Gila’ Buku



Seringkali saya prihatin dengan anak-anak sekarang yang sejak lahir sudah akrab dengan aneka gadget: HP, BB, tablet, PC, laptop, smartphone.

Ya bagaimana lagi, bumil sekarang tak bisa lepas dengan ‘pegangannya’. Saat menimang bayi, menyusui hingga meninabobokkan, sambil sibuk BBM atau berselancar dengan androidnya....apalagi bapaknya.

Jadilah saat anak batita atau balita sudah pintar mengoperasikan tablet.
Makin bertambah usia makin lengket saja. Apalagi jika punya sendiri...ehm.

Lah anak-anakku juga kok.
Maka berjuanglah emak ini, walau punya koleksi ensiklopedi berjibun, tetap harus ada pekan membaca buku...hehe sampai kewajiban juga. Huks.






Saat liburan, salah satu caranya dengan mengajak mengunjungi toko buku. Anak-anak boleh memilih bacaan yang diinginkan. Tidak bebas sepenuhnya juga. Waktu si nomer 3 memilih sebuah buku berjudul Re***usi Pem***ran, saya menggeleng karena melihat nama penulisnya. Bahaya.

Bukan ngiklan

Dan inilah hasil berburu di toko buku. Buku-buku ini menjadi teman liburan, dan saling bertukar membaca, atau membacakan khusus untuk Revo.
Dan senangnya jika anak-anak tak lagi ‘tertawan’ oleh gadgetnya.
Inilah berbagai gaya membaca yang sempat tertangkap kamera.

 



Bagaimana tips agar anak cinta buku? Inilah 10 tips versi saya:

1.     Berilah contoh, anda adalah pecinta buku. Hitung sendiri saja lebih sering mana anda memelototi buku atau hp dan si lepi....
2.     Sediakan ruang yang nyaman, rak dan tentu koleksi buku agar mudah diakses anak di rumah anda. Tempatkan dalam ruang yang mudah terjangkau anak.
3.     Ajak anak memilih buku yang dikoleksi, mengunjungi toko buku, perpustakaan atau bazar buku.
4.     Ajak anak dalam komunitas menulis atau membaca atau bercerita untuk semakin menyukai dunia buku.
5.     Buat program atau pekan atau jam membaca. Misal antara ashar hingga maghrib No TV, No komputer kecuali tugas yang harus mengejar deadline.
6.     Berikan buku sebagai pilihan utama bentuk hadiah spesial, reward prestasi dll.
7.     Luangkan waktu untuk membaca bersama atau membacakan buku, terutama sebelum anak tidur.
8.     Jadikan isi buku sebagai salah satu tema pembicaraan yang menarik saat kebersamaan keluarga.
9.     Ceritakan kisah-kisah menarik dari buku yang pernah anda baca pada masa kecil atau akhir-akhir ini untuk semakin menambah minat anak.
10.   Berikan pujian atau penghargaan setiap kali anak telah menyelesaikan satu buku atau telah suka membaca buku.

Anda dapat menambahkan tips lain sesuai pengalaman anda di kolom komentar, semoga memberi manfaat bagi siapa saja.

Terimakasih ya, telah membaca tulisan ini.
Cerita liburan ada di sini.
Tips batita ada di sini.

26 comments:

  1. Poin ke 6 yang diterapkan oleh orang tua hingga bikin saya jadi gilbuk sampai sekarang ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip yuuk wariskan juga pada anak cucu

      Delete
  2. Mak Idaaa. I'm coming hihihi..
    Mak, anak-anakku itu gadget freak loh, tapiiii mereka juga senang banget baca buku. Kalau aku sih lebih ke supaya anak-anak gemar membaca, gak sampai jadi gila. Tatuuut hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi mak sary, anakku yang nomer 4 dulu gilbuk. sampai ke wc juga bawa buku...sekarang sudah berkurang karena terbagi dengan gadget

      Delete
  3. menyuntikkan virus membaca di rumah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak Icha...makasih sudah berkunjung

      Delete
  4. Tambahan nih mbak, ajak si anak untuk jalan-jalan ke Perpustakaan juga biar bisa kenal banyak buku :)

    ReplyDelete
  5. sippp.. makasih Mak tipsnya..
    semoga anak2ku kelak suka membaca buku >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin...semoga budaya membaca selalu hidup di Indonesia

      Delete
  6. Mak Ida, anaknya cantik deh *eh salah fokus :D

    ReplyDelete
  7. setuju ama poin 6, karena dgn gtu anak jadi "ngeh" betapa berharganya buku hingga bisa dijadiin reward :)

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. hihi enggak juga. tapi kalau ada yang menarik, belum dilepas jika belum tamat

      Delete
  9. Alhamdulillah sudah melaksanakan yang poin 2,3,6 dan 10...yang 7 kadang-kadang....hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi tambahin doong tips ala mak dhona

      Delete
  10. febri astutiningsihJune 13, 2014 at 10:16 AM

    ingiiin bangets anak gila buku sampai sampai waktu berumur 4 bulanan sudah saya bacakan buku tapi akhir akhir ini setelah kelas 1 sd internet lebih mendominasi...,semoga tipsnya bisa saya terapkan sungguh sungguh...he he masalahe kayaknya saya yang kurang disiplin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, contoh dari orang tua itu penting. saya juga terus berjuang

      Delete
  11. bisa dicoba nih caranya kalau Aisya nanti udah gede

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejak sekarang saja mak...berapa umur aisya?

      Delete
  12. Allhamdulillah anak2 di rumah juga suka mbak

    ReplyDelete